ABSTRACTFenomena street market telah terjadi di berbagai tempat di Jakarta.
Pembentukan street market merupakan hasil dari intervensi masyarakat terhadap
ruang publik yang tidak terkontrol. Pengolahan kembali ruang publik
menyebabkan pergeseran makna yang kemudian akan membentuk identitas
tempat. Pada beberapa tempat, street market menjadi unik karena komoditasnya
yang serupa. Pengaturan visual yang dilakukan di sepanjang jalan akan
membentuk karakter tempat yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi
karakter streetscape. Kuatnya karakter streetscape akan dipengaruhi oleh
pengaturan visual komoditas yang dijajakan.
ABSTRACTThe phenomenon of street markets has occurred in various places in
Jakarta. Formation of street market is the result of public intervention against
uncontrolled public spaces. Such treatment causes a shift in the public space
meaning which would then form the place identity. In some places, street market
is unique because of its similar commodities. Visual arrangements made by street
market will form the place character which also indirectly affecting the
streetscape. These visual arrangement will be affecting how strong the character
of a streetscape.