UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Citra ramah lingkungan iklan mobil BMW dan VW analisis korelasi makna antara schlagzeile dengan fliesstext dan hubungan antara gambar dan teks pada iklan mobil ramah lingkungan ditinjau dari segi semantik = The eco friendly image of bmw and vw ads the semantical observation of meaning correlation analysis between headline and bodycopy and the correlation between graphics and texts in eco friendly car advertisements

Siska Nirwanti; Wayan Sutapa, supervisor; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor; Leli Dwirika, examiner ([Publisher not identified] , 2014)

 Abstrak

ABSTRACT
Guna menanggulangi permasalahan polusi dan kelangkaan bahan bakar fosil yang
terjadi saat ini, perusahaan mobil saling berkompetisi untuk menciptakan mobil
yang ramah lingkungan; mobil rendah emisi dan hemat bahan bakar. Cara yang
efektif untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen adalah
dengan menggunakan media iklan. Pemilihan kata yang digunakan dalam iklan
adalah hal yang esensial guna menyampaikan ide iklan kepada pembaca iklan
secara utuh sehingga tidak ada informasi yang terlewat. Skripsi ini membahas
korelasi makna yang digunakan, baik pada Schlagzeile maupun Fliesstext dalam
iklan mobil ramah lingkungan merek BMW dan VW. Skripsi ini juga membahas
bagaimana gambar yang digunakan menunjang teks iklan. Dengan menggunakan
metode kualitatif, saya menemukan bahwa tujuh dari delapan iklan yang saya
gunakan sebagai korpus data menggunakan kata-kata maupun frasa yang
memiliki korelasi makna satu sama lain dan umumnya merupakan makna
asosiasi. Kata-kata maupun frasa tersebut digunakan untuk membangun citra
mobil ramah lingkungan. Gambar yang ada pun turut membangun citra ramah
lingkungan serta mendukung teks dan diperkuat dengan penggunaan unsur alam,
seperti pepohonan, pegunungan, awan, matahari dan juga danau.

ABSTRACT
In the age of fossil fuel scarcity, today's car manufacturers in Germany compete
with each other to create innovative eco-friendly cars: cars that are low in
emission and fuel consumption. To educate the market about this new kind of
product, auto companies utilize many approaches. One of the most popular
approach is visual advertising. In advertisements, there is the need to use words
effectively, or else viewers will miss important points of said ads. In this thesis, I
will discuss the correlation of words used in both Headline and Bodycopy parts of
some eco-friendly car advertisements by BMW and VW. I will also write about
how graphics are used to enhance the meaning of those words. Using qualitative
methods, my analyses found that seven out of eight ads uses words and phrases
that have associative meanings. These words are used to build the image of ecofriendliness.
This image is also strengthen by the usage of environment-associated
pictures such as trees, mountains, clouds, or lakes.

 File Digital: 1

Shelf
 S57172-Siska Nirwanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S57172
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 79 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S57172 14-17-741290382 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20386483
Cover