ABSTRACTGuna menanggulangi permasalahan polusi dan kelangkaan bahan bakar fosil yang
terjadi saat ini, perusahaan mobil saling berkompetisi untuk menciptakan mobil
yang ramah lingkungan; mobil rendah emisi dan hemat bahan bakar. Cara yang
efektif untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen adalah
dengan menggunakan media iklan. Pemilihan kata yang digunakan dalam iklan
adalah hal yang esensial guna menyampaikan ide iklan kepada pembaca iklan
secara utuh sehingga tidak ada informasi yang terlewat. Skripsi ini membahas
korelasi makna yang digunakan, baik pada Schlagzeile maupun Fliesstext dalam
iklan mobil ramah lingkungan merek BMW dan VW. Skripsi ini juga membahas
bagaimana gambar yang digunakan menunjang teks iklan. Dengan menggunakan
metode kualitatif, saya menemukan bahwa tujuh dari delapan iklan yang saya
gunakan sebagai korpus data menggunakan kata-kata maupun frasa yang
memiliki korelasi makna satu sama lain dan umumnya merupakan makna
asosiasi. Kata-kata maupun frasa tersebut digunakan untuk membangun citra
mobil ramah lingkungan. Gambar yang ada pun turut membangun citra ramah
lingkungan serta mendukung teks dan diperkuat dengan penggunaan unsur alam,
seperti pepohonan, pegunungan, awan, matahari dan juga danau.
ABSTRACTIn the age of fossil fuel scarcity, today's car manufacturers in Germany compete
with each other to create innovative eco-friendly cars: cars that are low in
emission and fuel consumption. To educate the market about this new kind of
product, auto companies utilize many approaches. One of the most popular
approach is visual advertising. In advertisements, there is the need to use words
effectively, or else viewers will miss important points of said ads. In this thesis, I
will discuss the correlation of words used in both Headline and Bodycopy parts of
some eco-friendly car advertisements by BMW and VW. I will also write about
how graphics are used to enhance the meaning of those words. Using qualitative
methods, my analyses found that seven out of eight ads uses words and phrases
that have associative meanings. These words are used to build the image of ecofriendliness.
This image is also strengthen by the usage of environment-associated
pictures such as trees, mountains, clouds, or lakes.