UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis penerapan strategi momentum multivariat dengan memanfaatkan revenue surprise, earnings surprise, dan prior returns di Bursa Efek Indonesia periode 2001-2012 = Analysis of multivariate momentum strategy implementation using revenue surprise, earnings surprise, and prior returns in Indonesia Stock Exchange 2001-2012

Bernd Agastya; Zaafri Ananto Husodo, supervisor; Kresnohadi Ariyoto Karnen, examiner; Vivierita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini menganalisis apakah penggunaan informasi yang saling berkaitan dalam revenue surprise, earnings surprise, dan prior returns dapat memberikan nilai tambah kepada penerapan strategi investasi di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2001-2012. Penelitian ini juga secara tidak langsung melakukan pengujian terhadap keberadaan fenomena momentum harga dan post-earnings-announcement drift. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investor cenderung bereaksi kurang terhadap informasi kinerja fundamental, namun sebaliknya bereaksi berlebihan terhadap informasi kinerja pasar 6 bulan sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari penerapan strategi momentum pendapatan dan laba yang efektif, namun tidak dengan strategi momentum harga. Pengujian dominasi strategi menunjukkan bahwa terdapat kontribusi profit yang independen satu sama lain, dan kontribusi profit ini tetap signifikan setelah dilakukan penyesuaian terhadap CAPM dan model 3 faktor Fama-French. Penerapan strategi multivariat terbukti memberikan tambahan return yang positif dan signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap informasi memiliki konten eksklusif yang tidak dihargai oleh pasar dan investor cenderung kurang mempertimbangkan implikasi gabungannya selama periode penelitian.

This study analyses whether the usage of interrelated informations in revenue surprise, earnings surprise, and prior returns adds value to the implementation of investment strategy in Indonesia Stock Exchange for 2001-2012 period. This study also indirectly examines the existence of price momentum and postearnings- announcement drift anomalies. This study finds that there is a tendency of investors to underreact to fundamental performance information, but on the other hand overreact to previous 6 months market performance information. It is explained by the effectiveness revenue and earnings momentum strategies, and the ineffectiveness of price momentum strategy. The test of strategy domination shows that each strategies has an independent profit contribution to each other, and these profits persist even after being adjusted to the CAPM and Fama-French 3 factors model. It is proven in this study that the implementation of multivariate strategies gives significant positive incremental returns. This indicates that each informations has an exclusive content that is unpriced by the market and investors tend to underestimate the combined implication of those informations during the research period.

 File Digital: 1

Shelf
 S56243-Bernd Agastya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S56243
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 107 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56243 14-18-567435791 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20386622
Cover