Studi karakteristik lalu lintas dari penerapan contraflow di jalan Tol Cawang Semanggi studi kasus zona akhir = The study characteristic of traffic from contraflow implementation at Cawang Semanggi toll road case study end zone / Mohammad Fikri Makarim
Mohammad Fikri Makarim;
R. Jachrizal Sumabrata, supervisor; Alan Marino, supervisor; Alvinsyah, examiner; Heddy Rohandi Agah, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)
|
Pemberlakuan jalur contraflow diharapkan mampu memberikan solusi kepada kurangnya kapasitas jalan pada tol dalam kota ruas cawang semanggi pada waktu peak hour. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan membandingkan kinerja karakter lalu lintas antara dua titik pengamatan yaitu titik tengah dengan titik setelah keluar jalur contraflow agar dapat diketahui efektifitas dari pemberlakuan jalur contraflow. Penelitian ini menggunakan metode survey lalu lintas dengan cara merekam kondisi lalu lintas pada titik kedua titik pengamatan untuk mendapatkan data karakteristik lalu lintas yang lebih akurat. Dilakukan analisa kinerja karakter lalu lintas hasil survey yang mengacu pada parameter acuan lalu lintas dari MKJI dan peraturan Bina Marga dan Jasa Marga serta analisa melalui hubungan karakter lalu lintas Teori Greenshields untuk menilai kinerja lalu lintas dari kedua titik pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberlakuan jalur contraflow menurunkan derajat kejenuhan dari lebih besar dari 0.75 menjadi lebih kecil dari 0.75 dengan memberikan tambahan kapasitas jalan sehingga dapat dikatakan bahwa contrfalow adalah solusi yang efektif dan layak untuk diterapkan.
Implementation of the contraflow special lane is expected to provide a solution to the lack of road capacity at the inner city highway (Cawang – Semanggi) during peak hour time. This research was conducted to find out and compare the performance of the characteristics of the traffic flow between two points of observation (middle point and the exit after the contraflow special lane) in order to know the effectiveness of the contraflow lane. This research uses traffic survey by means of recording traffic condition in both points of observation to obtain more accurate traffic characteristic data. The analysis of traffic characteristic performance is conducted by comparing the results of the survey to the traffic parameters of standards from the Indonesian Highway Capacity Manual and regulations from Bina Marga and Jasa Marga as well as the analysis through the relationship of traffic characteristics from Greenshields Theory to assess the traffic performance from both points of observation. The results show that the implementation of the special contraflow lane may decrease the degree of saturation from greater than 0.75 to less than 0.75 by giving the road additional capacity. This shows that the contraflow lane can be considered as an effective and worthy measure to ease the burden of the ever increasing number of cars passing through the toll road during peak hours.
S57148-Mohammad Fikri Makarim.pdf :: Unduh
|
Jenis Koleksi : | UI - Skripsi Membership |
No. Panggil : | S57148 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Program Studi : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014 |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | 202 pages |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57148 | S57148 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387298 |