[
ABSTRAKTeori mediasi orangtua menyatakan bahwa orangtua berperan dalam memaksimalkan manfaat positif dan meminimalisir dampak negatif media terhadap anak mereka. Penelitian ini mengkaji bagaimana ibu berprofesi sebagai pendidik menerapkan mediasi orangtua terhadap penggunaan televisi dan Internet oleh anaknya. Selain paradigma Post-positivistik dan pendekatan kualitatif yang digunakan, in-depth interview dilakukan kepada enam orang narasumber yang merupakan ibu berprofesi sebagai pendidik. Hasil temuan menunjukkan, ibu dari kalangan pendidik sadar akan pentingnya mediasi dan melakukan beberapa bentuk mediasi yang ada dalam teori. Latar belakang pendidikan ibu, gender dan usia anak, serta karakteristik media adalah beberapa contoh faktor yang mempengaruhi penerapan mediasi orangtua.
ABSTRACT, Parental mediation theory stated that parents have a role in maximizing positivebenefit and minimizing negative impact of media on their children. This studyexamined how educator mothers applied parental mediation toward theirchildren’s use of television and Internet. Besides post-positivist paradigm andqualitative approach, in-depth interview was conducted to six informants who areeducator mothers. The findings indicate that educator mothers are aware of theimportance of parental mediation and applies some of mediation type described inthe theory. Mother’s educational background, children’s gender and age, and alsomedia characteristics are some examples of factors that influence the practice ofparental mediation]