UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Menyentuh berarti memiliki? studi tentang pengaruh tingkat sentuhan pada antarmuka terhadap psychological ownership dan endowment effect = Does touch mean having a study about the effect of degree of interfaces touch on psychological ownership and endowment effect

Catharina Edith Utami; Erita Narhetali, supervisor; Harry Susianto, examiner; Tobing, Siti Farida Fidella, examiner ([, ], 2014)

 Abstrak

[ABSTRAK
Sentuhan pada produk terbukti dapat mempengaruhi rasa kepemilikan (psychological ownership) dan peningkatan penilaian akan harga produk (endowment effect). Pada studi ini, ingin dilihat bagaimana efek sentuhan tersebut jika dilakukan pada antarmuka di perangkat elektronik yang seringkali digunakan konsumen untuk berbelanja, memodifikasi penelitian yang dilakukan oleh Brasel dan Gips (2014). Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah laptop, dengan variasi tiga jenis antarmuka, yaitu tetikus (mouse), bantalan sentuh (touchpad), dan layar sentuh. Jenis antarmuka bervariasi berdasarkan cara beroperasi relatif (tidak langsung) dan absolut (langsung). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan pada mahasiswa sarjana Universitas Indonesia (N = 102). Partisipan diminta untuk memilih produk jaket Universitas Indonesia dengan laptop dan salah satu jenis antarmuka yang telah disediakan, kemudian diukur endowment dan psychological ownership mereka terhadap jaket yang telah dipilih. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tingkat sentuhan pada antarmuka terhadap endowment effect (H = 7,292 (2, N = 102), p < 0,05), di mana sentuhan pada layar sentuh menghasilkan endowment effect yang lebih tinggi dibandingkan dengan sentuhan pada antarmuka lainnya. Di sisi lain, sentuhan pada antarmuka tidak ditemukan berpengaruh pada variabel psychological ownership (H = 0,221 (2, N=102), p > 0,05). Penulis menyarankan penelitian selanjutnya untuk meneliti sentuhan pada layar sentuh di perangkat lain yang umum digunakan, seperti smartphone atau tablet.

ABSTRACT
, Touching the product was proven to affect the psychological ownership and the
endowment effect (Peck & Shu, 2009). The aim of this study was to see how
touch affected them if it was done on the touch interfaces on electronic devices
that are often used by consumers to shop. We modified the research conducted
by Brasel and Gips (2014). The device used was a laptop, with varying the three
types of interfaces, mouse, touch pad, and a touch screen. The three touch
interfaces varied based on the way they operating, relative (indirect) or absolute
(direct). This study was an experimental study which were done to University
of Indonesia undergraduate students (N = 102). Participants were asked to
choose a university jackets they wanted to buy, with a laptop and one type of
touch interface provided, and then their endowment and psychological
ownership of the jacket chosen were measured. The results of this study showed
that the touch done on a touch screen interface generates a higher endowment
effect compared with other touch interfaces (H = 7,292 (2, N = 102), p < 0,05).
On the other hand, there were no significant effect of touch through interfaces
to psychological ownership (H=0,221 (2, N = 102), p > 0,05). I suggested the
following study to investigate the effect of touch to the other common touch
screen devices, such as smartphone or table]

 File Digital: 1

Shelf
 S56805-Catharina Edith Utami.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S56805
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, ], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 104 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56805 14-18-694576887 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387617
Cover