Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian skenario priming motivasi pemilihan pasangan jangka pendek dan jangka pendek terhadap atensi visual pria pada gambar perempuan. Berdasarkan teori strategi seksual yang dikemukakan oleh Buss dan Schmitt (1973) laki-laki dan perempuan akan menerapkan strategi yang berbeda sesuai motivasi pemilihan pasangan yang sedang dimiliki; jangka panjang atau jangka pendek. Atensi visual diukur dengan menggunakan alat eye-tracking.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan desain, randomized three group independent subject design. Penelitian dilakukan pada 48 mahasiswa Universitas Indonesia, berjenis kelamin lak-laki, usia 19 - 25 tahun. Partisipan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok; skenario jangka panjang, jangka pendek, dan kelompok kontrol.
Hasil uji ANOVA pada variabel jumlah titik fiksasi diperoleh F(2, 45) = 2,836, p = 0,069. Sedangkan hasil uji ANOVA pada variabel total waktu memandang diperoleh F(2, 45) = 0,373, p = 0,690. Hasil ini menunjukan tidak bahwa pemberian priming skenario motivasi pemilihan pasangan jangka panjang dan jangka pendek tidak memiiki pengaruh terhadap atensi visual lakilaki pada gambar perempuan yang diberikan.
This study examined the influence of short term or long term mating scenario to men visual attention at female picture. Based on Buss and Schmitt (1973) sexual strategies theory men and women apply different strategies based on their current mating motivation; long term or short term. In this study, visual attention was measured by using an eye-tracker machine.This study was conducted as a laboratory experiment research with randomized three group independent design. Total of participants were 48 people. Participants in this study were students, male within the age range 19 - 25 who studying in Universitas Indonesia. Participants were randomized into three group; long term scenario, short term scenario, and control group.Result of ANOVA test on number of fixation showed F(2, 45) = 2.836, p = 0.069. While result of ANOVA test on participant?s dwell time showed F(2, 45) = 0,373, p = 0,690. The result of this study shows neither short term or long term mating scenario did not affect on men visual attention.