[Penelitian ini berusaha melihat pengaruh kompetisi terhadap kinerja
Bank Perkreditan Rakyat. Terdapat dua perhitungan kompetisi yang
dipakai yaitu Indeks Herfindahl-Hirscman dan Jumlah kantor BPR per
100000 keluarga. Sedangkan untuk kinerja dilihat dari nilai ROA
untuk melihat profitability dan ratio jumlah rekening kredit (%,
population) untuk melihat outreach BPR. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan data cross section di 101 kabupaten di provinsi jawa
barat, jawa tengah, jawa timur, dan Bali tahun 2011 dengan metode
regresi OLS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh
kompetisi pada profitability bersifat quadratik dengan bentuk kurva U
sedangkan untuk variabel outreach hubungan bersifat linear dengan
arah positif., This research tries to examine the relationship between competition and
performance of Bank Perkreditan Rakyat (people’s Credit Bank).
Competitions are measured in two ways: Herfindahl-Hirscman Index and
number of BPR offices per 100000 Households. As for performance, we
use Return on Asset of BPR for profitability and BPR credit’s account (%,
population) for outreach. The research use cross section data for 101
municipal in Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, and Bali Province in
2011. Based on our estimation, we find that between competition and
profitability there is a quadratic relationship with the shape of U-curve.
Meanwhile this relationship is not found in outreach variabel which have
positif relationship with competition]