[Penelitian ini secara khusus membahas tentang brand positioning dalam politik.
Partai politik sebagai subjek dan unsur terpenting dalam demokrasi di Indonesia ,
Perbandingan brand positioning yang dimiliki masing-masing partai politik adalah
inti dari penelitian ini. Dengan melihat berbagai atribut yang dimiliki, positioning
partai dapat dideskripsikan secara jelas. Penelitian ini menggunakan variable yang
terangkum dari berbagai jurnal penelitian. Terdapat Golkar, PDIP, Demokrat, PKS
dan Gerindra atas pertimbangan pengalaman yang dimiliki dari Pemilu yang telah
diikuti.. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software statistik IBM
SPSS versi 21. Hasil menunjukkan bahwa perbedaan positioning partai politik
dapat terkonfigurasi melalui perceptual map. Beberapa atribut yang tersaji dalam
penelitian membantu pemilih dalam hal ini responden untuk dapat menilai image
dari sebuah partai., This research specifically discover brand positioning in politics. Political party as
the most important element for democracy in Indonesia. Comparison of party‘s
positioning is the essence of this recent research. By determining many attributes,
party‘s positioning can be defined clearly. This research is adapted many variables
that combining many scientific articles. There are Golkar, PDIP, Demokrat, PKS
and Gerindra considering their experiences of its successive election. Data
processing of its research is using statistical software IBM SPSS version 21. The
outcome distinct the positioning of political parties configured by its perceptual
map. Furthermore, few attributes on this research help respondents to discover
party‘s images.]