UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara komitmen organisasi dan sukses dari implementasi sistem (ERP) enterprise resource planning = Relationship between organizational commitment and the implementation success of (ERP) enterprise resource planning system / Paulus Manuturi Sigalingging

Sigalingging, Paulus Manuturi; R.L.P. Hendrickx, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan yang mendasari antara komitmen organisasi dan keberhasilan Enterprise Resource Planning (ERP) implementasi di perusahaan. Selain itu, dua dari faktor penentu keberhasilan terkuat, yaitu budaya organisasi dan kepemimpinan, dan strategi manajemen perubahan akan diidentifikasi apakah mereka memiliki pengaruh langsung terhadap komponen komitmen organisasi, yang afektif, normatif, dan komitmen berkelanjutan. Selain itu, analisis dan penggabungan beberapa model yang berkaitan dengan faktor-faktor keberhasilan dan komponen organisasi diperlukan untuk menjelaskan hubungan dan implikasinya terhadap keberhasilan implementasi dari ERP tersebut.
Ada bukti kuat untuk membuktikan bahwa dua faktor penentu keberhasilan memiliki pengaruh langsung yanh kuat pada komitmen afektif dan normatif. Lebih dari itu, implikasi ini menghasilkan beberapa keunggulan dan manfaat, seperti lingkungan kerja yang kolaboratif , perilaku kewargaan organisasional ( OCB/ Organizational Citizenship Behavior), perilaku mengorbankan diri karyawan demi kepentingan organisasi, dan keberhasilan dari pengadopsian sistem ERP. Di sisi lain, komitmen berkelanjutan memiliki kecenderungan kecil untuk meningkatkan kesuksesan implementasi karena dua faktor, yaitu lingkungan eksternal seperti krisis ekonomi dan tingkat pengangguran diluar kontrol organisasi secara keseluruhan . Maka dari itu, hubungan-hubungan ini dapat meningkatkan tingkat produktivitas karyawan dalam perusahaan dan tingkat kehadiran, yang tentunya membawa manfaat terhadap proses implementasi ERP.
Kesimpulannya, komitmen organisasi karyawan memang memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan implementasi ERP. Namun, masih ada kebutuhan untuk melakukan penelitian statistik di masa depan dan eksperimen untuk mengukur tingkat komitmen organisasi berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi ERP. CEO dapat memperoleh manfaat dari penelitian ini untuk memberikan panduan yang jelas dalam membina komitmen organisasi melalui budaya organisasi yang sempurna untuk ERP, kepemimpinan yang sesuai, dan strategi manajemen perubahan yang tepat untuk memperlancar proses implementasi ERP. Selain itu, ada beberapa keterbatasan dan rekomendasi akademis yang tertera di karya ilmiaah ini yang terletak pada bab terakhir.

 File Digital: 1

Shelf
 S56425-Paulus Manuturi Sigalingging.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S56425
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 42 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56425 14-22-22604680 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387985
Cover