Skripsi ini membahas upaya mengembangkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus di SD Citra Alam yang merupakan sekolah alam yang bersifat inklusif serta faktor pendukung dan penghambat upaya pengembangan tersebut. Upaya pengembangan keterampilan sosial dilakukan secara langsung oleh shadow teacher dan guru (wali kelas). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta berdesain studi kasus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mengembangkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus yang memiliki klasifikasi berbeda di sekolah, anak perlu diberikan tiga komponen yang mendasari keterampilan sosial, yaitu: pengetahuan sosial (social knowledge), kecakapan perbuatan (performance proficiency), dan evaluasi diri (self evaluation).
This study is about the efforts to develop social skill of children with special need in Citra Alam Elementary School (the inclusive natural school) and supporting and resisting factors which are related to this effort. This effort is directly conducted by shadow teachers and teachers (class guardian). This research use qualitative method and descriptive analyses, with a case study design.
The research shows that to develop social skill of children with special need in the school which have different classification, they need to be gave three basic components of social skill, such as: social knowledge, performance proficiency, and self evaluation.