UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara kolokasi dengan penguasaan kosakata sebagai salah satu kompetensi dasar berbahasa Mandarin = The relationship between collocation and vocabulary mastery as one of the basic competences of Mandarin chinese / Aarin Tirza Sirima

Aarin Tirza Sirima; A.M. Hermina Sutami, supervisor; Nita Madona Sulanti, examiner; Filia, examiner (Universitas Indonesia . Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya , 2014)

 Abstrak

Skripsi ini membahas hubungan antara kolokasi dan penguasaan kosakata melalui identifikasi kesalahan dalam karangan yang ditulis oleh pembelajar bahasa Mandarin. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan didukung studi pustaka yang relevan. Data bersumber dari karangan mahasiswa dalam mata kuliah kemahiran bahasa Mandarin tingkat lanjut di sebuah universitas negeri di Jakarta. Kesalahan terlebih dahulu diidentifikasi menggunakan metode analisis kesalahan (error analysis), kemudian dilakukan analisis kesesuaian makna berdasarkan teori pembatasan kesertaan (co-occurrence restriction) terhadap kata yang tidak lazim bersanding bersama dalam satu kalimat. Hasil penelitian menunjukkan, kesalahan kolokasi disebabkan karena kuatnya pengaruh Bahasa Indonesia, adanya perbedaan konsep dalam ajektiva, serta kesulitan membedakan sinonim sebagian (近义词) dan penggunaannya yang berterima dalam bahasa Mandarin.
Hasil penelitian diharapkan dapat membangkitkan kesadaran pembelajar tentang pentingnya kolokasi, serta memberikan masukan untuk memperbaiki kesalahan dan alat bantu yang dapat meningkatkan efektivitas dalam mempelajari kosakata serta penyandingannya.

 File Digital: 1

Shelf
 S56331-Aarin Tirza Sirima.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S56331
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia . Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya , 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 69 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56331 14-19-540708342 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388182
Cover