ABSTRAKPerkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kesehatan pada zaman
modern ini mengalami banyak kemajuan, salah satu bentuk kemajuan tersebut
adalah alternatif koreksi refraksi pada mata, yaitu lensa kontak. Penggunaan lensa
kontak mengalami pergeseran, tidak lagi digunakan untuk alasan medis namun
untuk alasan estetika. Karakteristik mahasiswa pada tahap perkembangan remaja
akhir terkait dengan kondisi fisik mempengaruhi beberapa komponen konsep diri
pada diri individu, khusunya harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
hubungan frekuensi penggunaan lensa kontak dengan harga diri mahasiswa UI
fakultas rumpun ilmu sosial dan humaniora. Desain penelitian: deskriptifkorelatif,
terdapat dua variabel, variabel independen yaitu penggunaan lensa
kontak dan variabel dependen yaitu harga diri mahasiswa UI. Besar sampel
sebanyak 125 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner harga diri
dari Coopersmith yaitu Self Esteem Inventory (SEI). Terdapat hubungan antara
frekuensi penggunaan lensa kontak harian dengan harga diri responden, P value <
α, 0,004 dengan kekuatan hubungan (Odd Ratio) 3,151.
ABSTRACTThe development of science, especially in the field of health in modern times were
much improved, one form of progress is the emergence of alternative refractive
correction of the eye, the contact lens. The use of contact lenses has undergone
several shifts, especially for aesthetic reasons. The characteristic of the student on
the final stages of adolescent development related to the physical condition can
affect multiple components of self-concept that lies within the individual,
especially self-esteem. This research aims to look at the correlation with the
frequency of contact lenses wear with students’ self-esteem in faculty of social
sciences and humanities cluster, University of Indonesia. The design uses a
descriptive-correlative, There are two variables, the independent variable is the
use of contact lenses and the dependent variable is the self-esteem of UI students.
Sample consists of 125 respondents. The instrument used is an questionnaire of
self-esteem, Coopersmith Self Esteem Inventory Questionnaire (SEI). There is a
correlation between the frequency of contact lenses daily wear with self-esteem
respondents, P value < α, 0.004 with the strength of significance (Odds Ratio)
3.151.