UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran tingkat kepatuhan minum obat diabetes pada pasien diabetes melitus tipe 2 di sebuah rumah sakit di Cibinong = Description of diabetes medication adherence behavior level in type 2 diabetes mellitus patients at Cibinong hospital.

([Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, ], 2014)

 Abstrak

[Diabetes melitus adalah suatu penyakit kronis yang menimbulkan gangguan multi sistem dan mempunyai karakteristik hiperglikemia yang disebabkan defisiensi insulin atau kerja insulin yang tidak adekuat. Kepatuhan adalah perilaku pasien dalam minum obat secara benar tentang dosis, frekuensi, dan waktunya yang dianjurkan oleh kalangan tenaga medis yaitu dokter atau apotekernya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan minum obat diabetes pada pasien diabetes mellitus tipe 2. Desain penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel dengan cara consequtive sampling pada pasien yang berkunjung ke poli penyakit dalam sebesar 119 responden. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan 57,1% responden dinilai patuh dalam minum obat. Hasil penelititan ini diharapkan menjadi data untuk meningkatkan kepatuhan dalam minum obat diabetes melitus.
, Diabetes mellitus is a chronic disease that causes multi-system disorders and characterised with hyperglikemia that caused inadequate of production and work of insulin. Medication adherence behavior is taking medication in correct doses, frequency, and time which recommended by the medical personnel. The purpose of this study was to describe the level of diabetes medication adherence in patients with type 2 diabetes mellitus. The design of this study was a cross-sectional. Sample were selected with a consequtive sampling method. One hundred and nine teen type 2 diabetes persons were included in this study. The data were analyzed by using an univariate analysis. The results showed that 57.1% of respondents adhere in taking medication. The study recommends that the improvement of patient adherence in taking medication is a necesity.]

 File Digital: 1

Shelf
 S56361-Denny Oktadiansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S56361
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, ], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : []
Tipe Media : []
Tipe Carrier : []
Deskripsi Fisik : xv, 43 hlm.: ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56361 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388262
Cover