ABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai dinamika yang dialami oleh kandidat,
masyarakat, dan peran agen lain dalam membentuk dan menentukan proses
kontestasi dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan desain eksplanatif. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa konversi kapital para kandidat sebagai agen sosial, sangat dipengaruhi oleh
strategi yang mereka gunakan. Dimana pada saat yang sama, masyarakat juga
melakukan kalkulasi dan pada akhrinya berdinamika berdasarkan strategi kandidat
tersebut. Namun sikap politik masyarakat itu nyatanya juga dipengaruhi kuat oleh
keberadaan agen lain, media massa yang ternyata begitu otoritatif terhadap sikap
dan pilihan masyarakat.
ABSTRACTThe focus of this study is the social dynamics that happened in Jakarta Governor
Election 2012, among candidats as social agent, people, and other agen that
creating and determining how the contestation going. As a qualitative researche
with explanative purpose, this study show that capital conversion used by candidat
is determined by how their strategy, and the strugle among people as a practice of
habitus that they have. One important poin to note is that people choice in this
proces is influenced by how the mass media creating it’s reality, by the means of
their symbolic capital.