UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Motivasi pemanfaatan Perpustakaan Berbayar : studi kasus di Perpustakaan Anak Rimba Baca = Motivation of library use in fee based library : case studies in Rimba Baca Children Library

Rindy Priyanka Estri; Zulfikar Zen, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.

 File Digital: 1

Shelf
 S55107-Rindy Priyanka Estri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S55107
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 96 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S55107 14-21-307480835 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388397
Cover