UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan klasifikasi informasi di kompas forum = Application of classification in kompas forum / Prasasta Nirantara

Prasasta Nirantara; Ari Nugraha, supervisor; Zulfikar Zen, examiner; Margareta Aulia Rachman, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum dan pengembangannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan klasifikasi di Kompas Forum menggunakan skema klasifikasi faceted dengan unsur verbal dan terdapat empat tahap pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, akan tetapi dalam skema klasifikasi Kompas Forum masih terdapat kekurangan dalam temu kembali informasi, karena tidak adanya indeks dan penggunaan istilah yang tidak terkontrol. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan indeks dan melakukan pengawasan kosakata untuk istilah yang digunakan oleh pengguna.

ABSTRACT
This research analyzed about content classification in Kompas Forum.. This qualitative research aims to classification scheme in Kompas Forum and the classification development. The results of this research indicate that classification in Kompas Forum used faceted classification scheme with verbal elements and there are four steps of development that adapted with user needs, but classification in Kompas Forum still lack in information retrieval, because there is no index and vocabulary control. This research suggests to use index and do the vocabulary control for term used in Kompas Forum.

 File Digital: 1

Shelf
 S57505 Prasasta Nirantara.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S57505
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : Xiv, 65 pages : illustration ; 24 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S57505 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388443
Cover