ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja Universitas
Indonesia ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis
internal, pelanggan, dan keuangan dan mengindentifikasi upaya-upaya yang dapat
dilakukan Universitas Indonesia dalam rangka meningkatkan kinerja universitas
dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard menurut Robert S. Kaplan
dan David P. Norton.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tingkat
kinerja pembelajaran dan pertumbuhan pada kategori‖Baik‖ , kinerja proses bisnis
internal pada kategori ―Baik‖, kinerja pelanggan pada kategori ―Baik‖, dan kinerja
keuangan pada kategori ―Sangat Baik‖. Sehingga secara keseluruhan kinerja
Universitas Indonesia dalam kategori Baik dengan total skor 12,65 (rentang
11,25-13,89).
Untuk meningkatkan kinerja Universitas Indonesia maka perlu dilakukan
upaya-upaya strategis sebagai berikut: mengefektifkan proses rekrutmen secara
tepat dan berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, meningkatkan
perhargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan, mengevaluasi pelaksanaan
kegiatan perkuliahan, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan,
dan melakukan perencanaan kebutuhan dan pengeluaran anggaran yang tepat dari
masing-masing unit kerja dan fakultas.
ABSTRACTThis study aims to describe the performance of the University of Indonesia
from the learning and the growth perspective, internal business process,
customer, and financial and identify efforts to the University of Indonesia needs to
do in order to improve the performance of the university by using the Balanced
Scorecard approach by Robert S. Kaplan and David P. Norton.
Research result, found that the performance levels of learning and
growth is categorized as ―Good‖, internal business process performance is
categorized as ―Good‖, the categories of customer performance is categorized as
―Good‖ and financial performance is categorized as ―Excellent‖. The overall
performance of the University of Indonesia in the ―Good‖ category with total
score 12.65 (the range 11.25 – 13.89).
To improve performance of the University of Indonesia, it is necessary for
the university to carry out strategic efforts such as: improving effectiveness of
recruitment process, establish a fair merit based reward system for academis and
supporting staff, evaluate the learning process, improve facilities and
infrastructure to support academic processes, and implement an effective budget
planning system for all working units