UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengukuran kinerja perguruan tinggi badan hukum milik negara (BHMN) dengan pendekatan balanced scorecard (studi kasus pada Universitas Indonesia periode 2009-2012) = Performance measurement at state owned legal entity university using balanced scorecard approach (case study at University of Indonesia period 2009-2012) / Yuda Sartika

Yuda Sartika; Chandra Wijaya, promotor; Tutie Hermiati, examiner; Retno Kusumastuti, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja Universitas
Indonesia ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis
internal, pelanggan, dan keuangan dan mengindentifikasi upaya-upaya yang dapat
dilakukan Universitas Indonesia dalam rangka meningkatkan kinerja universitas
dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard menurut Robert S. Kaplan
dan David P. Norton.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tingkat
kinerja pembelajaran dan pertumbuhan pada kategori‖Baik‖ , kinerja proses bisnis
internal pada kategori ―Baik‖, kinerja pelanggan pada kategori ―Baik‖, dan kinerja
keuangan pada kategori ―Sangat Baik‖. Sehingga secara keseluruhan kinerja
Universitas Indonesia dalam kategori Baik dengan total skor 12,65 (rentang
11,25-13,89).
Untuk meningkatkan kinerja Universitas Indonesia maka perlu dilakukan
upaya-upaya strategis sebagai berikut: mengefektifkan proses rekrutmen secara
tepat dan berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, meningkatkan
perhargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan, mengevaluasi pelaksanaan
kegiatan perkuliahan, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan,
dan melakukan perencanaan kebutuhan dan pengeluaran anggaran yang tepat dari
masing-masing unit kerja dan fakultas.

ABSTRACT
This study aims to describe the performance of the University of Indonesia
from the learning and the growth perspective, internal business process,
customer, and financial and identify efforts to the University of Indonesia needs to
do in order to improve the performance of the university by using the Balanced
Scorecard approach by Robert S. Kaplan and David P. Norton.
Research result, found that the performance levels of learning and
growth is categorized as ―Good‖, internal business process performance is
categorized as ―Good‖, the categories of customer performance is categorized as
―Good‖ and financial performance is categorized as ―Excellent‖. The overall
performance of the University of Indonesia in the ―Good‖ category with total
score 12.65 (the range 11.25 – 13.89).
To improve performance of the University of Indonesia, it is necessary for
the university to carry out strategic efforts such as: improving effectiveness of
recruitment process, establish a fair merit based reward system for academis and
supporting staff, evaluate the learning process, improve facilities and
infrastructure to support academic processes, and implement an effective budget
planning system for all working units

 File Digital: 1

Shelf
 S57597-Yuda Sartika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S57597
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 145 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S57597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388480
Cover