ABSTRAKPendidikan dasar merupakan hak individu yang seharusnya dapat dipenuhi
dan terdistribusi secara adil dan seimbang, serta memiliki kualitas yang memadai.
Karena pentingnya pendidikan dasar, maka perlu dianalisis tingkat partisipasi
sekolah pada pendidikan dasar dalam rangka memberikan masukan kepada
pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan. Dalam tesis ini, tingkat
partisipasi sekolah pada pendidikan dasar akan dianalisis menggunakan KSIM
Cross Impact. Langkah awal penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar adalah mengidentifikasi variabelvariabel
yang mempengaruhi tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar.
Kemudian dibangun prosedur penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar dan disimulasikan dengan lima
tahap sebagai berikut yaitu (1) Menentukan nilai awal (initial value) untuk semua
variabel, (2) Membangun matriks cross impact, (3) Merepresentasikan impact, (4)
Mensimulasikan dan menganalisis sistem, (5) Mengidentifikasi variabel kebijakan
untuk mencapai sistem yang diinginkan. Hasil simulasi yang dilakukan
menunjukan bahwa infrastuktur dan kualitas guru mempunyai peranan yang paling
penting dalam meningkatkan partisipasi siswa. Dalam tesis ini juga dibahas
kestabilan titik kesetimbangan, untuk mengetahui di titik mana model KSIM Cross
Impact tidak mengalami perubahan dan syarat apa yang diperlukan agar pada saat
diberikan gangguan di titik kesetimbangan model tidak mengalami perubahan.
ABSTRACTPrimary education of satisfactory quality is the right of every individual that needs
to be distributed fairly and equally. Due to the importance of the primary Education,
it is necessary to analyze the level of primary education enrollment in order to
provide input for policy makers. In this thesis, the level of primary education
enrollment will be analyzed using KSIM Cross Impact. The first step in analyzing
the level of primary education enrollment is to identify the variables affecting it.
From there a procedure for the application of KSIM Cross Impact is created and
simulated using five steps: (1) Determine the initial value for all variables, (2)
Establish a cross-impact matrix, (3) Represent the impact, (4) Simulate and analyze
the system, (5) Identify the policy variables to achieve the desired system. The
simulation reveals that infrastructure and the quality of teachers play as the most
important role in increasing student participation. This thesis also discusses the
stability of the equilibrium point as well as determining the point in which the model
KSIM Cross Impact experiences no changes, and the terms required for the model
to remain in equilibrium in the presence of disturbances.