UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aksesibilitas website Pendidikan Indonesia faktor-faktor aksesibilitas website pendidikan = Web accessibility of Indonesian educational website web accessibility factors in educational website / Yane Hendarrita

Yane Hendarrita; Irwansyah, supervisor; Billy Sarwono, examiner; Eduard Lukman, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Pemanfaatan website merupakan salah satu upaya dalam mengatasi kelangkaan (scarcity) informasi yang disebabkan oleh berbagai hambatan dalam mengakses website, baik dari sisi pengguna maupun desain website. Untuk memaksimalkan kebutuhan pengguna memperoleh informasi dan berinteraksi dengan website maka website seharusnya secara potensial aksesibel. Penelitian ini berusaha meneliti faktor-faktor aksesibilitas website yang ada dalam website pendidikan Rumah Belajar berdasarkan prinsip-prinsip web accessibility WCAG 2.0 perceivable, operable, understandable, robust dan tingkat aksesibilitas website minimum berdasakan success criteria conformance level A. Dengan eksperimen two group posttest-only design, penelitian dilakukan terhadap terhadap siswa SMP 3 Tangerang Selatan sebagai traditional user dan end user dari website pendidikan. Dari hasil analisis faktor dan analisis deskriptif membuktikan, terbentuk satu faktor sebagai aksesibilitas website dalam website pendidikan serta terdapat conformance level A tingkat sedang

ABSTRACT
The utilization of the website is an effort to overcome the scarcity of information caused by various constraints in the use of the website, both from the users and the website design itself. To maximize the user needs to obtain information and interact with the website, website must potentially accessible. The study aimed to find out the accessibility factors existing in the educational website Rumah Belajar based on the principles of web accessibility from WCAG 2.0, perceivable, operable, understandable, robust and the minimum level of web accessibility based on the success criteria for the conformance level A. With two group posttest-only experiment design, research conducted on the junior high school students of SMP 3 South Tangerang as end users and traditional users of the educational website. The results of the study with factor analysis and descriptive analysis proved, one factor is formed as a factor in web accessibility of the educational website and there is a conformance level A in moderate level

 File Digital: 1

Shelf
 T42185-Yane Hendrarrita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T42185
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 171 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42185 15-23-87318427 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388731
Cover