UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemanfaatan social media dalam membentuk loyalitas basis massa kelompok musik (kasus interaksi fans kelompok JKT48 bermedium internet) = Utilization of social media in creating the loyalty of music group's fanbase the (case study of JKT48 fans group's interaction with internet medium) / Audita Sashi Ramada

Audita Sashi Ramada; Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Effy Zalfiana Rusfian, examiner; Haryatmoko, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas bagaimana social media membentuk loyalitas
fans/komunitas terhadap suatu produk musik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses pembentukan perilaku, pengambilan keputusan, pola penebaran
informasi, dan hal-hal yang mempengaruhi seseorang menjadi fans yang loyal
terhadap suatu produk musik, serta menjabarkan ketepatan formulasi social media
tools dan pengaruhnya terhadap loyalitas fans/komunitas. Hasil dari penelitian ini
konsumen remaja ini memilih aktifitas idoling, mendukung produk/artis musik,
sebagai sarana untuk melepaskan stres. Menurut mereka, lewat aktivitas idoling,
kebutuhan lain seperti sarana ekspresi diri dan kebutuhan sosialisasi dengan temanteman
di komunitas secara sekaligus dapat terpenuhi. Dapat disimpulkan pula social
media dan komunitas sebagai medium komunikasi antara konsumen dan brand
mempunyai peran yang sangat besar dalam membentuk loyalitas kepada brand
produk musik terutama produk musik yang bertarget audiens anak muda.

ABSTRACT
This research discussed about the process of social media in creating the
fans/community loyalty into a music product. This research aims to determine the
behavior of the formation process, decision-making, pattern stocking information,
and the things that affect a person into a loyal fan of a music product, as well as
describe the accuracy of the formulation of social media tools and their effects on the
loyalty of the fans/community. This research found that teen consumers choose
idoling activity, supporting music product/artist, as a means of relieving stress.
According to them, through idoling activity, other needs such as the need for selfexpression
and socialization with friends in the community can be met
simultaneously. It also concluded that social media and community as a medium of
communication between the consumer and the brand has a very large role in shaping
the brand loyalty especially music products targeted audience of young people.

 File Digital: 1

Shelf
 T41648-Audita Sashi Ramada.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T41648
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 305 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T41648 15-23-87823433 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388735
Cover