ABSTRAK Tesis ini membahas program kampanye perubahan sosial di DKT Indonesia, yaitu
Pekan Kondom Nasional 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana evaluasi proses dan perencanaan dengan menganalisa sembilan elemen
inti kampanye, efek yang diharapkan (intended effect), persaingan komunikasi
(competing communication), objek komunikasi (communication object), populasi
target (target population), kelompok penerima (receiving group), pesan (the
message), saluran (the medium), komunikator (the communicator) dan pelaksanaan
kegiatan kampanye penanggulangan HIV/AIDS. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus, dan teknik
pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini
memperlihatkan bahwa perencanaan kampanye belum memperhatikan elemen
persaingan komunikasi dan belum lengkap dalam melakukan identifikasi saluran
komunikasi.
ABSTRAK This thesis discusses DKT Indonesia’s social change campaign, the National Condom
Week 2013. The aim of this research is to describe the evaluation of process and
implementation of the HIV/AIDS prevention campaign using nine campaign
elements: intended effect, competing communication, communication object, target
population, receiving group, the message, the medium, and the communicator. This
research uses qualitative approach, study case method, and in depth interview for data
collection techniques. The result of this research shows that the campaign organizer
haven’t considered competing communication elements and continues needing
improvements to identify its campaign’s communication medium