UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas aggression replacement training dalam meningkatkan kontrol amarah dan pemahaman keterampilan prososial pada anak didik penghuni Lapas Anak Pria Tangerang = The effectiveness of aggression replacement training in improving anger control and pro social skill understanding on violence offender within Lapas Anak Pria Tangerang / Annisa Rahmalia Fitriani

Annisa Rahmalia Fitriani; Turnip, Sherly Saragih, supervisor; Sumampouw, Nathanael Elnadus Johanes, examiner; Ina Saraswati, examiner; Dini Rahma Bintari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Remaja yang sudah terpapar oleh tindak kekerasan yang dilakukan oleh keluarga,
peer, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak lainnya sejak tahun-tahun awal
kehidupan mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melakukan tindak
kekerasan. Hal ini dikarenakan tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang lain
tersebut, akan semakin sering dipelajari dan digunakan oleh para remaja. Paparan
dan perilaku kekerasan yang terjadi pada masa awal perkembangan dan pada
masa remaja berakibat pada kurangnya keterampilan prososial individu. Untuk
dapat mengatasi perilaku kekerasan pada remaja diperlukan intervensi yang tidak
hanya berfokus pada pengelolaan emosi dan ekspresi dari rasa marah, namun juga
pada pengembangan perilaku prososial dalam diri individu. Salah satu metode
intervensi yang memiliki prinsip tersebut adalah aggression replacement training
(ART). Intervensi pada penelitian ini menggunakan metode intervensi kelompok
dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prososial dan kontrol marah pada
diri Andik (Anak Didik) dalam Lapas Anak Tangerang. Partisipan yang terlibat
dalam intervensi ini adalah 7 orang tahanan remaja pria berusia antara 16 sampai
19 tahun. Intervensi dilakukan dalam 6 sesi. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan bahwa intervensi kelompok ART ini secara kualitatif efektif dalam
meningkatkan kontrol marah partisipan serta dalam meningkatkan pemahaman
partisipan mengenai keterampilan prososial. Namun intervensi ini tidak efektif
dalam meningkatkan kontrol marah secara kuantitatif dan dalam meningkatkan
praktik keterampilan prososial di kehidupan sehari-hari para partisi

ABSTRACT
Adolescents who have been exposed to acts of violence perpetrated by family,
peer, community leaders, and other parties since the early years of their lives have
a higher risk to commit violent acts. It’s because the acts of violence that
committed by the other person, will be studied and used more often by the teens.
Exposure and violent behaviors that occur during early development and in
adolescence stage could results in lack of pro-social skills. To be able to cope with
violent behavior in adolescents, the intervention that not only focus on the
management of emotions and expressions of anger but also on the development of
pro-social behavior within the individual is needed. One method of intervention
that has this principle is Aggression Replacement Training (ART). The
intervention in this study using the method of group intervention and aims to
increase pro-social skills and anger control in Andik (Anak Didik) within Lapas
Anak Tangerang. Participants involved in this intervention are 7 male juvenile
detainees aged 16 to 19 years old. The intervention conducted in 6 sessions. Based
on the results of this study, it is found that the ART group intervention is
qualitatively effective in improving the anger control in all participants, and also
in improving the understanding of the participants' pro-social skills. However, this
intervention is not effective in improving the anger control quantitatively, and also
in improving pro-social skills practice in the everyday life of all participants.

 File Digital: 1

Shelf
 T42057-Annisa Rahmalia Fitriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T42057
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 118 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42057 15-23-08383465 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389519
Cover