UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi penggunaan metode konvensional dan metode objective structured clinical examination osce untuk menilai kemampuan klinik mahasiswa bidan dalam menolong persalinan di STIKES X tahun 2014 = An evaluation objective structured clinical examination osce method versus conventional method for clinical midwife student evaluation about skill birth attandance in STIKES X 2014 / Loveria Sekarrini

Loveria Sekarrini; Budi Utomo, supervisor; Nur Indah Yulianty, examiner; Tris Eryando, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar Belakang: Laporan SDKI 2012 menunjukkan bahwa angka kematian ibu di
Indonesia sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini meningkat secara
signifikan dibandingkan lima tahun lalu dari 228 di tahun 2007. Penurunan angka
kematian ibu (AKI) tidak lepas dari peran seorang bidan. Untuk mendapatkan kualitas
bidan yang baik diperlukan sebuah metode untuk mengevaluasi kemampuan bidan
dalam menolong persalinan. Metode evaluasi yang tepat memiliki peran yang besar
untuk mengetahui kualitas bidan di Indonesia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk membandingkan keandalan Metode Objective Struktured Clinical Examination
(OSCE) dengan metode konvensional tentang ujian praktek klinik asuhan persalinan
normal pada mahasiswa kebidanan. Metode: Metode yang diguanakan dalam penelitian
ini adalah desain kuasi eksperimen . Pelaksanaan metode konvensional dan OSCE
dilakukan pada 9 siswa terdaftar dalam ujian ini dengan 6 penguji untuk metode
konvensional dan 18 penguji untuk metode OSCE, dengan komposisi disetiap station
ujian berjumlah 3 orang penguji. Perspektif mahasiswa dan penguji, fisibilitas untuk
metode konvensional dan OSCE serta variasi antara pemeriksa di setiap stasion diakan
digali dalam penelitian ini. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode OSCE
dinilai lebih reliable dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini sesuai dengan
hasil uji anova dengan nilai p > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan penilaian antar
penguji. Berdasarkan fisibilitas institusional, metode konvensional dinilai lebih fisible
untuk diimplementasikan di bandingkan dengan metode OSCE. Namun mahasiswa
berpendapat bahwa metode OSCE dinilai lebih objektif (100%), konsisten (100%)
tingkat pengajaran ditingkatkan (88,9%), transparansi hasil ujian (100%), meningkatkan
kemampuan pengambilan keputusan (88,8%), dibandingkan dengan metode
konvensional. Kesimpulan: Metode OSCE dapat digunakan sebagai metode yang tepat
dalam mengevaluasi persalinan keterampilan karena lebih reliable dibandingkan dengan
metode konvensional. OSCE dapat digunakan sebagai evaluasi karena metode ini
memiliki beberapa keunggulan seperti meningkatkan kemampuan klinis mahasiswa,
mempersiapkan kualitas dan kompetensi yang tinggi, meningkatkan kemampuan
pengambilan keputusan dan meningkatkan tingkat pengajaran yang lebih baik
dibandingkan dengan metode konvensional.

ABSTRACT
Background : The 2012 DHS survey report that Indonesia’s MMR is 359 deaths per
100.000 live birth. That number has significantly increased over the past five years from
228 in 2007. Midwives has significant roles to reduce MMR. To get a good quality of
midwives, its required some method to evaluate skilled birth attendants of midwives.
Using the right method of evaluation plays a considerable role in getting appropriate
result and making the right judgment. Aim : The aim of the study was to compare the
reliability of Objective Structural Clinical Examination (OSCE) method versus
conventional method for clinical midwife students examination about skill birth
attendance at midwifes student. Method : Quasi experimental design was adopted.
Implementation of conventional and OSCE method was carried out on 9 student enrolled
in this exam with 6 examiner for conventional method and 18 examiner for OSCE
method, with 3 examiner composition in every exam station. Student and Examiner
perspective, feasibility for conventional and OSCE method and variation between
examiner in every station were investigated. Result : The result show that, OSCE
method is more reliable than conventional method. This result related with the result of
ANOVA test with p value > 0.05, it means there is no differences between examiners.
Base on feasibility of institution, conventional method is more feasible to implement
than OSCE method. But student opinion said that OSCE measurement is more objective
(100%), consistent (100%) enhanced teaching level (88.9%), transparency of exam
result (100%), increasing decision making ability (88.8%), than the conventional
method. Conclusion : OSCE method can be used as appropriate method in evaluating
skill birth attendance because of more reliable than conventional method. OSCE can be
us as an evaluation because this method has some advantages such as improving student
clinical performance, preparing highly qualified and competence, increasing decision
making abilities and enhance teaching level more better than conventional method.

 File Digital: 1

Shelf
 T41998-Loveria Sekarrini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T41998
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 114 pages ; illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T41998 15-23-81552498 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389525
Cover