ABSTRAKTesis ini merupakan evaluasi buku ajar berjudul English for Air Transport sebagai buku ajar Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus di salah satu institusi Pendidikan Tinggi Transportasi jurusan Manajemen Transportasi Udara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan melihat keseuaian materi dengan kebutuhan di bidang manajemen transportasi udara. Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi dari Cunningsworth (1995): (a) Tujuan dan ancangan, (b) Rancangan dan organisasi, (c) Unsur kebahasaan, (d) Kemahiran, (e) Topik, (f) Metodologi, (g) Buku pegangan guru,dan (h) Pertimbangan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar memiliki kelebihan dan kekurangan. Terdapat 3 hasil prinsip hasil cocokan dan evaluasi berdasarkan Ru-gang (2013), yaitu: keaslian (authenticity), kelayakan (appropriateness), kesesuaian (compatibility), dan kesenangan pemelajar (Enjoyment). Secara keaslian, kelayakan, kesesuaian, dan kesenangan, materi, kegiatan, dan latihan dalam buku ajar sudah sesuai dengan tujuan institusi mempersiapkan mahasiswa ke dunia kerja. Kekurangannya adalah tidak adanya tujuan pembelajaran secara jelas pada buku ajar, kualitas tampilan bahan ajar, dan kurangnya informasi secara visual. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar English for Air Transport bisa digunakan pada jurusan Manajemen Trasnportasi Udara dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.
ABSTRACTThe focus of this study is the course book evaluation of English for Air Transport as the English for Specific Purposes course book in Air Transport Management Department. This research is a descriptive qualitative research that has purpose to find out the material compatibility with the needs in the Air Transport Management. The criteria for evaluating the course book are taken from Cunningsworth (1995), consisting of eight elements, as follows: (a) aims and approaches, (b) design and organization, (c) language content, (d) skills, (e) topic, (f) methodology, (g) teachers? books aspect, and (h) practical considerations. The result shows that the course book has benefits and lacks. The principles of the compability were taken from Ru- gang (2013) that precise several aspects: authenticity, appropriateness, compatibility, and enjoyment. The course book is compatible with the aim of the learning to expose the students to the real work situations. The research also found that there was no aim of the learning in the coursebook, the bad quality of physical appearence of the book, and there was no visualization for detail information of the learning. Otherwise, the course book could be used for the Air Transport Management Department with modification and revision towards the lack found in this research.