ABSTRAKPembimbing klinik sangat berperan dalam proses pembelajaran mahasiswa yang
melaksanakan tindakan langsung kepada pasien di rumah sakit. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentiftkasi hubungan peran pembimbing klinik dengan
pelaksanaan keselamatan pasien oleh mahasiswa di rumah sakit. Responden
penelitian sebanyak 196 mahasiswa tingkat akhir Stikes terdiri dari 38 mahasiswa
Ners, 56 mahasiswa D3 Keperawatan, dan 102 mahasiswa D3 Kebidanan. Semua
mahasiswa melaksanakan praktik di rumah sakit yang sama. Desain penelitian
cross seksional. Hasil penelitian dengan regresi logistik didapatkan ada hubungan
bermakna antara peran pembimbing klinik dengan pelaksanaan keselamatan
pasien yang dilaksanakan oleh mahasiswa setelah dikontrol dengan jenis
pendidikan (p = 0,02; CI=1,19-3,71). Rekomendasi dari hasil penelitian antara
lain perlu ditingkatkan peran pembimbing klinik dan pelaksanaan keselamatan
pasien oleh mahasiswa.
ABSTRACTClinical instructor has an important role in student's learning process in
implementing direct intervention toward patient within the hospital. The purpose
of this study is to determine thecorrelation between the role of clinical instructor
and patient safety implementation by the studentin Karawang district hospital.
This is descriptive correlational method which is recruited 196 students in their
final year in STIKES Kharisma Karawang as respondents. These respondents
were studying in bachelor nursing 38 students, diploma nursing 56 student and
diploma in midwifery program 102 student. The result shows significant
correlation between the role of clinical instructor and patient safety
implementation by the student where education as a confounding factor were
controlled (p = 0,02; CI=1,19-3,71).It is recommended that training for clinical
instructor in patient safety and evaluation.