Tesis ini membahas sistem evaluasi guru yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara spesifik tentang bagaimana pelaksanaan evaluasi guru di lembaga itu. Setelah mendeskripsikan bagaimana evaluasi guru dilaksanakan, peneliti mengevaluasi sistem evaluasi guru yang telah dilaksanakan. Aspek yang akan dievaluasi meliputi keandalan (reliability) dan kesahihan (validity). Selain itu, peneliti juga akan melihat bagaimana evaluasi guru di lembaga X mampu memenuhi tujuan evaluasi secara formatif, yaitu sebagai pengembangan kualitas guru. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa hal. Pertama, prinsip pengajaran yang digunakan sebagai acuan standar evaluasi guru di lembaga itu belum dirumuskan secara jelas. Kedua, evaluasi guru di lembaga itu tidak andal karena tidak ada persamaan persepsi dari masing-masing supervisor terhadap kriteria penilaian yang digunakan. Ketiga, evaluasi guru yang dilaksanakan oleh lembaga itu sudah mengarah pada tujuan evaluasi secara formatif. Namun, pelaksanaannya masih perlu dimaksimalkan lagi. Terakhir, pelatihan bagi para supervisor di lembaga itu perlu diadakan untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan evaluasi guru. Berdasarkan hasil itu, peneliti mengusulkan rancangan perbaikan untuk evaluasi guru di lembaga X. Rancangan perbaikan yang diusulkan meliputi beberapa hal, yaitu merevisi prinsip pengajaran lembaga, menyusun lembar penilaian observasi yang baru, memperbaiki pelaksanaan observasi kelas, dan melibatkan siswa dalam evaluasi guru.
This study discusses a teacher evaluation system conducted in an English language center. This study is aimed at finding a clear description of how the system is conducted. After describing the system, the writer investigates the quality of the system. The analysis focuses on reliability and validity. The writer also examines how the system functions as formative evaluation, which the purpose of the evaluation is for teacher development. The result of this study reveals several things. Firstly, teaching principles served as a standard for teacher evaluation are not formulated clearly. Secondly, the teacher evaluation system in that language center is not reliable due to inconsistent interpretation of standard by each supervisor. Thirdly, the teacher evaluation system has fulfilled the developmental purpose. However, the implementation still needs to be done effectively. Lastly, the language center needs to conduct training for the supervisors to improve teacher evaluation. Therefore, based on the results, the writer proposes the improvement plan for the teacher evaluation system. The improvement encompasses the key areas such as revising the teaching principles, creating a new observation form, developing the class observation system, and involving students in the evaluation process.