ABSTRAKMeningkatnya angka harapan hidup memberi kontribusi pada jumlah populasi
lansia dari tahun ke tahun yang cenderung meningkat. Salah satu upaya yang
dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan lansia
adalah pelayanan dan perawatan lansia di Panti Sosial. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui hubungan karakteristik dan perilaku perawatan petugas panti
terhadap kepuasan kelompok lansia di Panti Sosial Tresna Werdha BM di DKI
Jakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Jumlah sampel penelitian untuk petugas 128 orang sedangkan untuk
lansia 128 orang berdasarkan metode simple random sampling dengan teknik
pengambilan berdasarkan proporsional sampel setiap panti. Analisa data
menggunakan Chi Square dan regresi logistik ganda. Terdapat hubungan antara
perilaku perawatan petugas panti dengan kepuasan kelompok lansia, khususnya
sikap (p=0,039) dan keterampilan (p=0,038). Variabel paling dominan adalah
keterampilan OR= 3.992. Perlunya peningkatan sumber daya manusia baik berupa
pelatihan atau pendidikan formal dalam meningkatkan kualitas pelayanan di panti
guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia
ABSTRACTIncreasing rate of life expectation give a contribution to quantity of aged population
year by year. One of efforts that done by government in increasing prosperity and
health of aged was attendance and care for aged in social house. This research aims
to know the correlation between characteristic and caregiver's behaviour with the
satisfaction of aged in social house Tresna Werdha BM of DKI Jakarta. The
research design descriptive correlation that used was cross sectional. Meanwhile the
research samplers were 128 caregivers and 128 ageds, the collecting of sampling
technic used simple random sampling. Analysis data was done by using chi-Square
test and multiple logistic regression. The result of research was gainned that
existing a correlation between caregiver's behaviour and the satisfaction of aged
community, especially for attitude (p=0,035) and skill (p=0,038). And then the
dominant variable was skill OR=3,992. It was suggested to improve human
resource (caregiver) on training and in formal education to increase quality of
service in house for increasing prosperity and health of aged.