Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap mutu pelayanan Surat
Keterangan Impor (SKI) yang berhubungan dengan kinerja petugas pelayanan
masih rendah, sedangkan Badan POM dituntut untuk selalu melakukan upaya
untuk peningkatan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran kinerja pelayanan dan hubungan antara kinerja pelayanandengan
kepuasan pelanggan di Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional,
Kosmetik dan Produk Komplemen Badan POM. Penelitian dilakukan dengan studi
potong lintang (cross sectional) menggunakan metoda survei dengan jumlah
responden sebanyak 122 orang. Hasil penelitian menunjukkan kinerja pelayanan
masih kurang baik dengan nilai rata-rata 70,0 (skala 100). Sebesar 54,9 %
responden menilai kepuasan pelanggan dengan persepsi kurang puas. Analisis
multivariat terhadap 5 dimensi kinerja pelayanan yaitu tangible, reliability,
responsiveness, assurance,dan empathy menunjukkan terdapat 3 (tiga) dimensi
pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu dimensi reliability,
assurance,danemphaty.Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi kinerja
pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah
dimensi empathy. Pernyataan “petugas membantu dengan sungguh-sungguh untuk
memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan” mendapatkan skor terendah.
Perlu dilakukan pelatihan “Communication skills” kepada petugas untuk
meningkatkan pemahaman dan pengetahuan petugas dalam berkomunikasi dengan
pelanggan. Supervisi yang ketat dari atasan juga perlu ditingkatkan.
ABSTRACTCommunity Satisfaction Index (CSI) survey results on the quality of services
related to the performance of SKI care workers remains low while the BadanPOM
required to always make an effort to improve public services. This study aims to
describe the performance of service personnel and the relationship between service
performance and customer satisfaction in Directorate of Inspection and
Sertification of Tradisional Medicines, Cosmetics and Complimentary Products,
BadanPOM. The study was conducted using a questionnaire with a number of 122
respondents . The results show the performance of the service is still need to be
improved with an average value of 70,0 (scale of 100). Amounted to 54,9 % 0f
respondents assess customer satisfaction with perceptions of less satisfied.
Multivariate analysis of 5-dimensional databases must address satisfying service
that is tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy shows there are
3 (three) dimensions that affect customer satisfaction services, ie the dimensions
reliability, assurance, and empathy. The analysis showed that the dimensions of
service performance of the most dominant influence customer satisfaction is the
dimension empathy. The statement “officer assist in earnest to provide information
needed by the customer” to get the lowest score in assessment. Training need to be
conducted to the officer is communication skills training to increase awareness and
knowledge of officers in communicating with customer. Strict supervision of the
supervisor also need to be improved.