ABSTRAKSaudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau
intelektual merupakan anak yang rentan terhadap berbagai masalah baik fisik,
psikis maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara
mendalam pengalaman sibling dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau
intelektual. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah
partisipan 8 orang, usia 9-23 tahun. Analisis data menggunakan metode Colaizzi
dan menghasilkan enam tema penelitian yaitu: 1) Mengenal kecacatan yang
dialami saudara kandungnya, 2) penerimaan sibling terhadap kecacatan saudara
kandungnya, 3) sibling sebagai pengasuh saudara kandungnya yang cacat, 4)
hubungan keseharian sibling dan saudara kandungnya, 5) respon lingkungan
terhadap sibling dan kecacatan saudara kandungnya, 6) harapan sibling terhadap
saudara kandungnya yang cacat. Pengalaman sibling merupakan bagian penting
dan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan asuhan yang berpusat pada
keluarga. Berdasarkan temuan tema pada penelitian ini perawat diharapkan dapat
meningkatkan asuhan yang berpusat pada keluarga dengan melibatkan orang tua
secara penuh, termasuk sibling
ABSTRACTSiblings of children with physical and/ or intellectual disabilities are children are susceptible to a
variety of problems, either physical, psychological or social. The purpose of this study is to
explore in depth experience sibling of a child with disabilities or physical and intellectual.
Fenomology a qualitative research approach, the number of participants 8 people, age range 9-23
years. Analysis of the data using Colaizzi method and produces six research themes are: 1) Know
the disability experienced by siblings, 2) acceptance sibling against sibling disability, 3) sibling as
caregiver siblings with disabilities, 4) and sibling relationships siblings daily, 5 ) response to the
environment and disability sibling, 6) expectation disabled sibling against sibling. Sibling
experience is an important part that can be used as a reference for family-centered care. Based on
the findings of this research theme in nurse