UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis pajanan PM2,5 terhadap kadar profil lipid pada pekerja PT X tahun 2014 = The PM2,5 exposure analysis to levels of lipid profile in workers of PT X year of 2014

Danny Satrya Nugroho; Doni Hikmat Ramdhan, supervisor; Heny D. Mayawati, examiner; Hendra, examiner; Marama Namora, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar Belakang: Berdasarkan obervasi di lapangan, banyaknya kendaraan dan emisi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor yang melintas di jalan bebas hambatan, dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama adanya gangguan metabolisme profil lipid.

Tujuan: Mengetahui perbedaan kadar profil lipid terhadap pekerja PT X yang terpajan dan yang tidak terpajan PM2.5 tahun 2014.

Metode: Studi cross sectional yang di lakukan pada area PT X. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Didapatkan sebanyak 45 responden yang terpajan dan 14 responden yang tidak terpajan PM2.5. Peneliti melakukan pengukuran PM2.5 di dalam dan di luar ruangan area kerja PT X selama 7 hari di 5 lokasi dan pengambilan sampel darah para responden pada satu waktu. Uji statistik dilakukan dengan T-Test dan Chi-square.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerja yang terpajan PM2.5 mempunyai peluang 5,74 kali lebih besar memiliki kadar kolesterol tidak normal dibanding pekerja yang tidak terpajan dan peluang 4,58 kali lebih tinggi untuk memiliki kadar trigliserida tidak normal dari pada yang tidak terpajan. Adanya hubungan antara umur pekerja dan masa kerja dengan kadar trigliserida yang dimilikinya dengan masing-masing p-value 0,0001 dan 0,001.


ABSTRACT
Background: Based on the field observation, the number of vehicles and the emissions resulting from motor vehicles passing on the highway, can cause health problems, especially metabolic disturbances in lipid profile.
Objective: Knowing the differences in the levels of lipid profile of workers who exposed and non-exposed to PM2.5 in 2014.

Method: Cross-sectional study undertaken in the area of PT X. Sampling was done by purposive sampling technique. Obtained by 45 respondents 14 respondents exposed and non-exposed to PM2.5. Researchers conducted PM2.5 measurements inside and outside the work area room PT X for 7 days at 5 locations and sampling blood of the respondents collected at one time. Statistical test performed by T-test and Chi-square.

Result: The results of this study indicate that workers who exposed to PM2.5 had a 5.74 times greater chance of having abnormal cholesterol levels than non-exposed workers and 4.58 times higher odds of having abnormal triglyceride levels than those not exposed. There is relationship between the worker's age and years of service with its triglyceride levels with respective p-values of 0.0001 and 0.001.

Conclusion: There are difference in the proportion of cholesterol levels among workers exposed to PM2.5 non-exposed workers.

 File Digital: 1

Shelf
 T41579-Danny Satrya Nugroho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T41579
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 64 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T41579 15-17-827944894 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390278
Cover