ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai perumusan strategi operasi PT. XYZ dalam
optimalisasi fungsi layanan mobile branch (kas mobil) sebagai perpanjangan
tangan cabang permanen. Mobile Branch Operational & Enhancement Division
sebagai unit yang mengembangkan layanan kas mobil belum memiliki strategi
operasi yang dapat dijadikan acuan untuk mengoptimalkan dan mengembangkan
fungsi layanan ini. Selama ini layanan kas mobil lebih banyak difungsikan sebagai
service point. Strategi operasi dirumuskan dengan menggunakan pendekatan
model Slack. Hasil dari perumusan strategi operasi menunjukkan bahwa PT. XYZ
perlu melakukan peningkatan kapasitas dan pengembangan organisasi untuk
mengoptimalkan fungsi kas mobil, tidak hanya sebagai service point, tetapi juga
acquisition channel.
ABSTRAK This thesis focused on the PT. XYZ operation strategy formulation in optimizing
mobile branch service as the extension of permanent branch. Mobile Branch
Operational & Enhancement Division as a unit who developed mobile branch
service do not yet have an operation strategy that can be used as a reference in
optimizing the function of this service. During this time the mobile branch service
was functioned only as a service point. Operating strategy was formulated using
Slack model. The results of operation strategy formulation suggests that PT. XYZ
needs to improve capacity and organizational development to optimize mobile
branch service, not only as a service point, but also acquisition channel.