UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia di Pulau Sumatera = The relationship between economic growth and human development in Sumatera Island

Isti Budhi Setiawati; N. Haidy Ahmad Pasay, supervisor; Distiyanda Putri Syapiih; Nachrowi Djalal Nachrowi, examiner (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tesis ini membahas mengenai hubungan bolak balik antara pertumbuhan ekonomi, yang di proksikan oleh data tingkat produktivitas pekerja, dan pembangunan manusia pada sektor kesehatan dan pendidikan, yang diproksikan oleh angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah masyarakat. Subjek penelitian adalah pulau Sumatera yang dibagi menjadi sepuluh provinsi dengan masa observasi tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Metode estimasi yang digunakan adalah metode system equation 3SLS dengan menggunakan software eviews versi 6.0.
Pemilihan variabel pada tesis ini mengacu kepada penelitian yang dilakukan oleh Mankiw, Romer, & Weil (1992), Wheeler (1980), dan Gustav & ranis (2000) dengan menambahkan variabel kesehatan pada persamaan pertumbuhan ekonomi dan dijabarkan cara menghitung persamaan empiris pertumbuhan ekonomi di bagian lampiran.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan timbal balik yang positif dan signifikan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia sektor kesehatan dan pendidikan. Dilihat dari besaran share sektor pendidikan dan kesehatan, hasil yang didapat menunjukkan bahwa sektor pendidikan memberikan share yang lebih besar bila dibandingkan dengan pembangunan manusia sektor kesehatan. Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pembangunan manusia sektor pendidikan dan kesehatan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap sektor pendidikan dan kesehatan.

This paper discuss about how economic growth and human development affect each other simultaneously using labor productivity as the proxy of economic growth, schooling years as proxy of level of education, and life expectancy as proxy of health level. The subject of research is Sumatera Island with observation time between 2006 to 2010, with system equation 3SLS as the estimation strategy using eviews version 6.0.
Variables used in this research refers to Mankiw, Romer, & Weil (1992), Wheeler (1980), and Gustav & ranis (2000) publications with adding the health variable to economic growth model. How we get the adjusted model, showed in appendix.
The estimation result shows that there is simultaneous relationship between economic growth and human development. They affected each other positively and significantly. If we compare the accounting growth or shared of education and health to economic growth, we will find that education shared more than health, but both of them gives positive affect to economic growth as the economic growth gives positive and significant effect to education and health level of society.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Isti Budhi Setiawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 65 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-519033633 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390474
Cover