UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penerapan model konservasi levine pada anak dengan penyakit infeksi yang mengalami ketidakadekuatan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo = The application of levine s conservation model on children with infectious disease who experiencing inadequate nutrition less than body requirements in RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo

Rusana; Nani Nurhaeni, supervisor; Happy Hayati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penyakit infeksi dan malnutrisi yang terjadi pada anak merupakan hubungan yang saling timbal balik. Anak dapat mengalami masalah ketidakadekuatan nutrisi sehingga diperlukan konservasi agar anak dapat beradaptasi. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan gambaran asuhan keperawatan pada anak dengan menerapkan model konservasi Levine pada anak dengan infeksi yang mengalami ketidakadekuatan nutrisi. Asuhan keperawatan dilakukan melalui tahapan Levine yaitu pengkajian, merumuskan trophicognosis, merencanakan hipotesis, melaksanakan intervensi dan evaluasi respon organismik. Pembahasan dilakukan pada lima kasus, dengan hasil akhir menunjukkan bahwa anak mampu beradaptasi melalui konservasi terhadap perubahan yang terjadi namun evaluasi respon organismik berbeda tergantung pada kemampuan dan keparahan penyakit. Seorang perawat hendaknya memiliki kemampuan berpikir kritis dalam melaksanakan asuhan keperawatan.

Infectious diseases and malnutrition in children have a reciprocal relationship. Children may experience inadequate nutritional problems. Therefore, conservation in children is important in adaptation. The aim of this paper was to provide an overview of nursing care in children which applied Levine's model of conservation on children with infections who experienced inadequate nutrition. Focus of the discussion was on the use of Levine's theory in meeting the chjldren's nutritional needs. Nursing care was done through the stages of assessment, trophicognosis formulation, hypotheses plan, implementation and evaluation of the organismic responses. The final result showed that the children were able to adapt through the conservation, however the evaluation of organismic responses different among them, depend on the ability and the severity of the disease. Nurses' critical thinking skills are important in implementing nursing care.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 63 hlm. ; ill. : 29 cm. +lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-25-88213681 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20391240
Cover