UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sintesis nanostruktur TiO2 dari prekursor TiOSO4. XH2O menggunakan template kombinasi surfaktan P123 dan CTAB dengan teknik presipitasi = Synthesis of TiO2 nanostructure from TiOSO4. XH2O precursor using P123 and CTAB surfactant combination by precipitation technique

Daulay, Hadi Sahal Fadly; Akhmad Herman Yuwono, supervisor; Anne Zulfia, examiner; Sri Harjanto, examiner; Nofrijon Sofyan, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Nanostruktur TiO2 sebagai semikonduktor memiliki sifat-sifat unggul yang menjadikannya menarik untuk diteliti dan dikembangkan hingga sekarang. Sintesis dari nanostruktur TiO2 telah dilakukan pada penelitian ini dengan teknik presipitasi menggunakan prekursor TiOSO4.xH2O dan template kombinasi surfaktan P123 dan CTAB. Variabel yang diteliti berupa jenis pelarut yang digunakan untuk membuat larutan precursor (air dan ethanol), perlakuan hidrotermal, dan temperatur kalsinasi (200 dan 400 oC) yang bertujuan untuk menginvestigasi pengaruhnya terhadap kristalinitas fasa dan ukuran kristalit dari nanostruktur TiO2 yang dihasilkan. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD, TEM, dan UV-Vis. Hasil yang didapatkan menunjukkan parameter terbaik dalam sintesis nanostruktur TiO2 adalah dengan menggunakan pelarut air suling dalam pembuatan larutan prekursor, perlakuan hidrotermal untuk metode sintesisnya, dan temperatur kalsinasi 400 oC dimana didapatkan nanostruktur TiO2 dengan fasa anatase yang memiliki ukuran kristalit mencapai 8,02 nm. Hasil nanostruktur yang diperoleh ini menjanjikan untuk dipakai dalam aplikasi sel surya tersensitasi zat pewarna dan fotokatalisis.

ABSTRACT
TiO2 nanostructure as semiconductor has distinguished properties that makes this material attractive to be studied and developed up until now. In this study, synthesize of TiO2 nanostructure was carried out by precipitation technique, using TiOSO4.xH2O as precursor and combination of P123 and CTAB surfactant as template. Variables investigated were solvent for preparing precursor solution (distilled water and ethanol), hydrothermal treatment, and calcination temperature (200 and 400 oC), which were aimed to investigate their effects of phase cristallinity and crystallite size of TiO2 nanostructure. Characterizations were performed by using XRD, TEM, and FTIR. The results showed that the best parameters in synthesizing TiO2 nanostructure are by using distilled water as solvent for preparing precursor solution, hydrothermal treatment for the synthesize method, and calcination temperature of 400 oC which successfully obtained nanostructure TiO2 with anatase phase and its crystallite size reached 8,02 nm. The obtained TiO2 nanostructure promises to be used in dye sensitized solar cell and photocatalytic applications.

 File Digital: 1

Shelf
 T42558-Hadi Sahal Fadly Daulay.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T42558
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 65 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42558 15-17-537015253 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392621
Cover