UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis ekritur feminin dalam travel journal travellous karya andrei budiman dan scandinavian explorer karya asanti astari = Ecriture feminine in the travel journal scandinavian explorer written by asanti astari and travelous written by andrei budiman

Nuke Desmiati Helnaz; Ikhaputri Widiantini, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Travel Journal merupakan dokumen tertulis mengenai aktivitas yang dilakukan seseorang yang melakukan perjalanan yang sangat jauh. Baik pelancong pria maupun pelancong wanita menulis travel journal dan di dalam penulisan keduanya terdapat karakteristik masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penulis wanita dan pria menuliskan pengalamannya pada travel journal Scandinavian Explorer yang ditulis oleh Asanti Astari dan Travelous yang ditulis oleh Andrei Budiman selama melakukan perjalanan mengunjungi beberapa negara di benua eropa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka. Korpus penelitian ini adalah dua sub-judul yang diambil dari kedua travel journal kedua penulis yang telah diterbitkan. Analisis yang dilakukan adalah dengan menganalisis alur cerita, penggambaran situasi alam, penggambaran situasi perkotaan dan gaya penceritaan berdasarkan teori ekritur feminine yang dicetuskan oleh Helene Cixous.
Berdasarkan penelitian, penulis wanita menuliskan pengalamannya dengan lebih bebas dan dapat mengajak pembaca untuk turut mengajak pembaca merasakan pengalaman yang ia alami dibandingkan dengan penulis pria. Penulis wanita juga lebih dapat menggambarkan keadaan alam dengan lebih baik dan situasi perkotaan dengan lebih detail. Travel journal Scandinavian Exxplorer yang ditulis oleh wanita lebih sesuai dengan teori ekritur feminin yang dicetuskan Helene Cixous.

Travel Journal is a written document about activities of someone who is on a journey, usually over a long distance. Not only male travellers, but also women travellers write travel journals and there are characteristics of both male and female writers in both of their writings. This research was aimed to know how male and female writers write their experiences on the travel journals named Scandinavian Explorer written by Asanti Astari and Travelous written by Andrei Budiman on their journey visiting some countries in Europe.
The research method is qualitative method which is from literary view. Materials which were analyzed in this research are the plot, the writers‟ description about nature‟s condition and situation in the cities, and the writers‟ styles on telling their stories based on the theory of ecriture feminine by Helene Cixous.
ased on the result, the female writer wrote her experiences more freely and she invited the readers to understand the writer‟s feeling in compare to the male writer. Also the female writer could describe the condition of the nature in a better way and more detailed on the situation of a city. The travel journal Scandinavian Explorer written by female writer was more compatible with the theory of ecriture feminine published by Helene Cixous.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nuke Desmiati Helnaz.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iii, 20 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-22-89872988 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392664
Cover