UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis penggunaan Verstarker "Echt" "Voll" dan "Total" pada kalimat dalam Pons: Worterbuch der Jugendsprache 2012 = The analysis of usage of Verstarker "Echt" "Voll" dan "Total" on sentences in Pons W Rterbuch der Jugendsprache 2012

Anggun Widiastuty; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor ([Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, ], 2014)

 Abstrak

Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Dalam bidang linguistik, bahasa ialah sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Salah satu kelompok masyarakat tertentu itu adalaha anak muda. Gaya bahasa yang mereka gunakan cenderung santai dibanding gaya bahasa yang digunakan golongan tua. Mereka pun bahkan menciptakan bahasa baru yang seringkali tidak dimengerti oleh para orang tua. Anak muda di Jerman menciptakan bahasa baru atau menggabungkannya dengan yang sudah ada. Jugendsprache atau bahasa gaul mereka memiliki kekhasan, yaitu adanya Verstärker atau "penguat" pada kalimat seperti echt, voll, dan total. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur kalimat yang mengandung Verstärker echt, voll, dan total dalam PONS: Wörterbuch der Jugendsprache 2012 dan membuktikan perbedaan ketiga struktur tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Analisis yang dilakukan adalah dengan menganalisis struktur kalimat yang mengandung Verstärker echt, voll, dan total. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa penggunaan Verstärker echt dan voll memiliki persamaan, yaitu dapat diikuti dengan Adjektiva. Namun, Verstärker voll dapat juga diikuti dengan Nomina dan Verba, sedangkan Verstärker total hanya dapat diikuti dengan Nomina dan Verba saja.

Language is a tool to communicate. In Linguitics, language is a system of voices sign that are agreed to be used by the members of certain societies to work together, communicate, and identifying themselves. One of the certain public groups are teenagers. The language style they used tend to be casual compared to the elders. They even invent new languages the elders often can not understand. Teenagers in Germany create new languages or combine with the words that were previously existed. Jugendsprache or the slang language of German has a special characteristic, it has Verstärker or "strength tool" in it?s sentences, eg. echt, voll and total. This research aims to describe the structure of sentences that contains Verstärker echt, voll and total in PONS: Dictionary of Slang Language 2012 and to prove the differences between three those "strength tools".
The research method is qualitative method and descriptive. What is being analyzed in this research is the structure of sentences that contains Verstärker echt, voll and total. Based on the result, some of the uses of Verstärker echt and voll have a similarity, which is followed by Adjective, but Verstärker voll can be also followed by Nomine and Verbs. The usage of Verstärker total can be only followed by Nomine and Verbs.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Anggun Widiastuty.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, ], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 20 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-942172198 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392673
Cover