UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Dampak self-esteem terhadap perilaku kemalasan sosial = Effects of self-esteem on social loafing

Mellisa Tara Nursalim; Ike Anggraika, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak self-esteem terhadap perilaku kemalasan sosial. Penelitian ini menggunakan design 2x2 independent group antara dua kondisi tugas (koaktif x kolektif) dan dua tingkat kesulitan tugas (mudah x sulit). Partisipan di dalam grup kondisi koaktif menyelesaikan tugas secara individu sedangkan partisipan di dalam group kondisi kolektif menyelesaikan tugas secara berkelompok. Partisipan di dalam group tugas mudah diminta untung menghafal 15 nama buah dan hewan sedangkan partisipan di dalam group tugas sulit diminta untuk menghafal 15 istilah ilmiah. Setelah itu partisipan diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengukur self-esteem mereka. Tugas tersebut diberikan kepada 60 mahasiswa dengan jumlah yang seimbang untuk setiap group.
Hasil analisis menunjukan bahwa partisipan yang berada dalam grup tugas mudah mengerahkan usaha yang lebih besar dalam mengerjakan tugas ketika bekerja sendiri dibandingkan dengan ketika bekerja bersama-sama. Namun prestasi partisipan yang berada di dalam group tugas sulit tidak berbeda. Partisipan di dalam grup tugas sulit mempunyai self-esteem lebih tinggi dibandingkan dengan partisipan di dalam group tugas mudah. Di dalam grup kondisi koaktif, self-esteem yang rendah mengarah kepada kompensasi sosial sedangkan di dalam group kolektif hal tersebut mengarah kepada kemalasan sosial. Partisipan dengan self-esteem yang tinggi cenderung mengerahkan usaha yang lebih besar di dalam group kolektif. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukan bahwa self-esteem mempengaruhi kemalasan sosial. Kinerja sebuah group dapat ditingkatkan dengan memfokuskan persepsi anggota kelompok tentang kesulitan tugas yang dilakukan.

This research aimed to investigate the effect of self-esteem in social loafing. 2x2 independent group analysis was conducted between task condition (coactive x collective) and task difficulty (easy x difficult). Participants in the coactive task condition complete the task individually whereas participants in the collective task condition complete the task as a group. Participants in the easy task condition were asked to memorize 15 fruit and animal name whereas participants in the difficult task condition were asked to memorize 15 scientific terms. Afterward, the participants were asked to complete questionnaire to measure their self-esteem. The task was given to 60 university students with equal amount for each group.
As expected, the results show that participants in easy task condition exert more effort when working coactively compared to working collectively. However, the performances do not differ in the difficult task condition. Participants in the difficult condition have higher selfesteem than participants in the easy condition. In coactive condition, low self-esteem lead to social compensation whereas in collective condition, it leads to social loafing behavior. On the other hand, people with high self-esteem incline to exert more effort for group performance. In conclusion, this research suggests that self-esteem affects social loafing. We can increase group performance by focusing on group members perceptions of the task difficulty.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Mellisa Tara Nursalim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 15 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-23-60527600 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392709
Cover