UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Evaluasi iklan televisi sosialisasi pemilu 2014 komisi pemilihan umum republik indonesia pada pemilih pemula = Evaluation of 2014 general election television advertising outreach program of indonesian general election commission on first time voters

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif terhadap iklan televisi
sosialisasi Pemilu 2014 dari Komisi Pemilihan Umum RI pada pemilih pemula.
Penelitian ini menggunakan model pencapaian tujuan dimana evaluasi dilakukan
melalui pengukuran tingkat kesuksesan atau kegagalan dalam mencapai objektif
dari program. Melalui kuisioner yang diberikan pada 30 pemilih pemula serta
wawancara dengan pihak sosialisasi KPU RI, penelitian ini menunjukkan bahwa
iklan televisi sosialisasi Pemilu 2014 dikategorikan sangat efektif dalam hal
peningkatan partisipasi pemilih. Kemudian juga dikategorikan cukup efektif
dalam hal penyebarluasan informasi, tahapan, jadwal dan program pemilu; serta
peningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan masyarakat tentang
kepemiluan. Namun, untuk mengatasi beberapa kendala seperti minimnya pemilih
muda yang menjadikan KPU sebagai sumber utama informasi, penelitian ini
kemudian merekomendasikan KPU RI untuk (1) membangun kerjasama yang
sinergis dan berkelanjutan utamanya dalam hal sosialisasi pemilu dengan media
massa dan LSM terkait, serta (2) melakukan pemilihan media sosialisasi dengan
seksama dan menyesuaikan konten pesan dengan platform media yang dipilih., This study is a formative evaluation of the television ads outreach programs of the
2014 election Indonesian General Election Commission. This study uses a model
of goal-attainment models where the evaluation is done by measuring the level of
success or failure in achieving the objectives of the program. Through a
questionnaire given to 30 first-time voters as well as interviews with the KPU RI
socialization, this study shows that the program has been very effective in terms
of increasing voter participation. Then also been effective in terms of information
dissemination, stage, and program schedule of the elections; and increasing
knowledge, understanding and the ability of the electoral community. However, to
overcome some obstacles such as the low number of young voters who make the
Commission as the main source of information, this study then recommends KPU
RI to (1) build synergistic and sustainable especially in terms of socialization
election by the mass media and NGOs, as well as (2) conduct media selection and
socialization carefully tailor the message content with selected media platforms.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-M Ghurron Muhajjalin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 40 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392843
Cover