UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis kesiapan penerapan knowledge management di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi = Analysis of knowledge management readiness at Directorate General Of Higher Education

(Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Pengetahuan dan pengalaman merupakan sumber daya yang paling penting dalam
suatu organisasi. Knowledge Management (KM) merupakan upaya untuk
meningkatkan kemampuan organisasi dalam mengelola aset intelektualnya yaitu
pengetahuan dan pengalaman. Minimnya pemahaman dan kurang fokusnya
organisasi mengenai KM dapat mengakibatkan kegagalan dalam penerapan KM.
Risiko kegagalan penerapan KM dapat dikurangi jika organisasi tersebut siap
untuk menerapkan KM.
Penelitian ini menganalisis kesiapan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
(Ditjen Dikti) dalam menerapkan KM. Model analisis kesiapan penerapan KM
pada penelitian ini dikembangkan berdasarkan faktor-faktor KM enablers, dan
sikap reseptif atau penerimaan anggota organisasi terhadap penerapan KM.
Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari survei dengan kuesioner
sebanyak 143 sampel responden pegawai Ditjen Dikti. Berdasarkan pengukuran
kesiapan menunjukkan seluruh faktor berada pada level 4 atau receptive, hanya
faktor decentralization yang belum siap karena berada pada level 2 atau
preliminery. Pada pengujian hipotesis, faktor yang mempengaruhi keinginan
pegawai Dikti untuk terlibat dalam proses KM adalah collaboration, IT use,
harapan manfaat dan harapan kemudahan dari penerapan KM., Knowledge and experiences are the most critical resources in an organization.
Knowledge Mangement (KM) is an effort to improve the organization's capability
to manage it's intelectual assets like knowledge and experience. The lack of
organizational understanding and focus on KM can lead to failure in the KM
implementation. The risk of failure the implementation of KM can be reduced if
the organization is ready to implementing KM.
This study aims to analyzes the readiness of Directorate General of Higher
Education (DGHE) in implementing KM. The analysis model in this study was
developed based on the factors of KM enablers, and receptive attitude or
acceptance of a member organization of the implementation of KM. This study
used data which be obtained from the questionnaire survey. The data collected are
143 respondent sample from DGHE staff.. The measuring of KM readiness show
readiness of all the factors at the level of 4 or receptive, but only decentralization
factor that was not yet ready at the level 2. On the hypothesis testing, the factors
that influence the intention of DGHE staff to be involved in KM processes are
collaboration, IT use, expectations benefits and expectations of the ease of
implementation of KM.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Fajar Priyautama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 91 hlm : ill + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392882
Cover