UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis dan perumusan strategi e-bisnis pada produk uang elektronik PT XYZ = E-business strategy analysis and formulation on PT XYZ’s electronic money product

(Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia, diiringi dengan makin
pesatnya pertumbuhan e-commerce, sarana pendukung kegiatan jual-beli secara
online juga mulai berkembang, salah satunya adalah alat pembayaran. Salah satu
dari alat pembayaran yang ada untuk e-commerce adalah uang elektronik (emoney).
PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
pembayaran elektronis juga mencoba untuk terjun ke dalam bidang pembayaran ecommerce
dengan mengeluarkan produk uang elektronik. Uang elektronik yang
dikembangkan PT. XYZ adalah alat pembayaran berbasis server.
Namun setelah menjalankan bisnisnya selama setahun, jumlah nasabah dan
transaksinya masih sangat jauh dari yang ditargetkan. Dengan menggunakan
metodologi yang dikembangkan oleh Dave Chaffey, penelitian ini berusaha untuk
merumuskan strategi-strategi e-bisnis dan keputusan-keputusan strategis yang
tepat agar produk uang elektronik PT. XYZ dapat bersaing dan mendapatkan
keunggulan kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis dan produk
pengganti lainnya. Terdapat tiga tahapan yang telah dijalankan pada penelitian ini,
yaitu tahapan strategic analysis, strategic objectives, dan strategy definition.
Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: dokumen business plan
uang elektronik PT. XYZ, serta hasil wawancara dan diskusi dengan anggota tim
uang elektronik PT. XYZ. Hasil penelitian yang didapatkan kemudian diverifikasi
dan didiskusikan kembali oleh anggota tim dan disetujui bahwa strategi-strategi ebisnis
yang dirumuskan telah sesuai dengan aspirasi para anggota tim. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan arahan dari sudut pandang e-bisnis
kepada PT. XYZ dalam menjalankan bisnis uang elektroniknya dengan lebih baik., With the rapid development of internet in Indonesia, followed by the rapid growth
of e-commerce, the supporting system for buying and selling online also growing,
payment instrument is one of them. E-money is one of many available payment
instruments for e-commerce transactions. PT. XYZ as one of the company that
engage in electronic payment business try to compete in providing payment
instrument for e-commerce with issuing its own e-money product. The e-money
that developed by PT. XYZ is server based.
However after running for about a year, the number of customers and transactions
are far from the expected targets. Using the methodology developed by Dave
Chaffey, this study is trying to formulate right e-business strategies and key
strategic decisions for PT. XYZ’s e-money business in order to compete and gain
competitive advantage compared to other similar competitors and other substitute
products. There are three steps performed on this research: strategic analysis,
strategic objectives, and strategy definition.
Sources of data used in this study include: PT. XYZ’s electronic money business
plan document, and interviews and discussions with team members of PT. XYZ’s
electronic money team. Research results obtained and discussed again later
verified by the team members and agreed that e-business strategies has been
formulated in accordance with the aspirations of the team members. The results of
this study are expected to provide direction from the point of view of e-business to
PT. XYZ of doing business with the electronic money.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Hari Prasetyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 110 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392920
Cover