UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pemetaan strategi teknologi informasi menggunakan information technology balanced scorecard dan cobit 5: studi kasus pada kompas gramedia digital grup = Information technology strategy mapping using information technology balanced scorecard and cobit 5: case study group of digital kompas gramedia

David Krisna Saputra; Riri Satria, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Berada pada lingkungan bisnis yang kompetitif dan turbulen dibutuhkan langkah-langkah yang terstruktur dan terukur untuk mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam menunjang bisnis perusahaan. Salah satu bisnis yang saat ini memasuki lingkungan kompetitif dan turbulen adalah bisnis digital. Pada bisnis digital, Departemen TI lah menjadi tulang punggung yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola produk dan layanan agar tetap unggul. Namun saat ini, Departemen TI Kompas Gramedia Digital Grup masih kesulitan dalam mengelola dan mengembangkan produk dan layanan yang dimiliki dikarenakan belum memilikinya arahan strategis dan pola yang terstruktur dalam kegiatan SI/TI yang dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menyusun Peta Strategi Teknologi Informasi agar kinerja Departemen TI dapat lebih optimal dalam mendukung bisnis perusahan.
Penelitian dilakukan dengan metodologi kualitatif yang dengan studi kasus pada Departemen TI Kompas Gramedia Digital Grup. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada para manajemen puncak perusahaan dan Forum Group Discussion dengan para pemegang kepentingan di Departemen TI serta data didapat berasal dari dokumen-dokumen bisnis organisasi. Data kualitatif dianalisa menggunakan hermeneutika untuk mendapatkan pola kesamaan pendapat pada objek yang diteliti. Selanjutnya hasil analisis akan dipetakan menggunakan Balanced Scorecard, Strategy Maps dan COBIT 5.
Hasil penelitian ini berupa Peta Strategi Teknologi Informasi dengan 24 sasaran strategis, 52 Indikator Kinerja dan 28 Inisiatif Strategis untuk Departemen TI Kompas Gramedia Digital Grup.

Being in competitive and dynamic business need a stuctured steps leads to business resources to support the company. One of the example is digital business. IT department is a basic of digital business that have a responsibility to develop and manage their product and services. However, IT department Group of Digital Kompas Gramedia has a problem to managing and developing their products and services because of they have a strategic direction and structured pattern yet. Therefore, the purpose of this research was mapping a Information Technology Strategy to optimize IT department performance.
The method of this research was qualitative methodology with a case study on IT department Group of Digital Kompas Gramedia. Data would be collected by interview with the board of director and forum group discussion with stakeholders IT department as well as it was derived from organization’s business documents. It was analysed by hermeneutics to got a pattern of similarity point from selected objects. The result of analysis would be mapped using Balanced Scorecard, Strategy Maps and COBIT 5.
The result of this research was a Information Technology Strategy Map with 24 strategic goals, 52 performance indicators and 28 strategic initiatives on IT department Group of Digital Kompas Gramedia.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-David Krisna Saputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 75 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-24-58338395 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392927
Cover