ABSTRAKPenelitian ini mencoba untuk melihat dari adanya perbedaan yang ada antara
system pada sekolah formal dengan sekolah informal apakah juga terdapat perbedaan
prestasi belajf pada siswaii homeschooling jika dihubungan dengan tanggung jawab
siswali peserta homeschooling yang duduk di kelas tinggi (kelas 4 & 5) Sekolah
Dasar denganj berdasarkan pada teori tanggung jawab Sukiat (1993) yang mencoba
memahami is ilah tanggung jawab dalam dua konteks yang berbeda yaitu konteks
"kepada" dan konteks "untuk". Konteks kepada yaitu individu mempertanggung
jawabkan tingkah laku dan keputusannya kepada sesuatu di dalam dan di luar
dirinya, sedan~kan konteks untuk artinya individu memiliki kebebasan menentukan
sikap dan Piliiannya dan untuk menanggung konsekuensi dari penentuan sikap dan
pilihannya itu.1 Selanjutnya melihat dimensi-dimensi dari tanggung jawab siswa yang
dikemukakan Sukiat (1993) dihubungkan dengan prestasi belajar siswa SO kelas 4
I
dan 5 peserta rr:': Prestasi belajar sendiri di peroleh melalui tes formatif
dan sumatif yang diadakan secara berkala pada masing-masing homeschooling.
ABSTRACTThis research is to seek the relation between student responsibilty and homeschooling
student aChiefement within range grade 4-5 on elementary stage. Based on Sukiat
(1993) who tried to define the term of responsibility in two different contect. The
"who" contect and the "for" contect. More over student responsibility contect need to
be related to hrmeschooling student achievement (within 4-5 grade). Contect "who"
has the meaning that people/student will responsiblility of all behavior dan decision
they made to I omething inside and outside of themselves, meanwhile contect "for"
has a meaning that people/student has had their freedom to made the decision of their
own choices. his research is quantitative with non-experimental design research.
The result of this research is no significant correlation or there is no relationship
between stud1ent responsibility with student achievement of homeschooling
elementary sCiool student grades 4 and 5. Researcher suggest that need additional
qualitative questions for the next research.