ABSTRAKOral health literacy telah menjadi area riset yang populer pada beberapa tahun ini.
Namun belum ada instrumen oral health literacy dalam bahasa Indonesia. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen oral health literacy dan
menguji reliabilitas dan validitasnya. Studi ini menggunakan convenience sample
terhadap mahasiswa Universitas Indonesia yang bersedia mengisi kuesioner dalam
bentuk e-form. Kuesioner ini mengadaptasi kuesioner HeLD yang telah
dikembangkan Jones, 2014 kemudian dilakukan back-translation. Responden
berjumlah 381, 77% diantaranya adalah perempuan. Cronbach’s alpha kuesioner IDHeLD
adalah 0,94. ID-HeLD menunjukkan reliabilitas dan validitas yang tinggi
sebagai instrumen oral health literacy dalam bahasa Indonesia.
ABSTRACTOral health literacy has become a popular research area in recent years. But there is
no instrument for oral health literacy in Bahasa. The purpose of this research is to
develop Oral Health Literacy instruments, test its reliability and validity. This study
used a convenience sample of Indonesia University students willing to fill out a
questionnaire in the form of e-form. This questionnaire adapting the HeLD
questionnaire which has been developed by Jones, 2014 then conducted a backtranslation.
The respondents numbered 381, 77% of whom are women. Cronbach's
alpha ID-HeLD questionnaire is 0.94. ID-HeLD shows the high reliability and
validity of the oral health literacy instrument in Bahasa.