[Dalam rangka mencapai kesuksesan diversifikasi energi Indonesia, Pemerintah
mengeluarkan sejumlah kebijakan yang mendorong intensifikasi program
konversi masyarakat dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Ketidaksiapan
dan resistansi masyarakat Indonesia untuk melakukan konversi dari bahan bakar
minyak ke bahan bakar gas menjadi isu utama yang dicoba dijawab dalam
penelitian ini, sebuah area penelitian yang belum pernah diteliti sebelumnya di
Indonesia. Penelitian ini memodelkan perilaku pengambilan keputusan
masyarakat untuk melakukan konversi energi dengan berdasar pada atribut sosioekonomis
dan demografis serta pertimbangan-pertimbangan lain yang
mempengaruhi keputusan masyarakat di DKI Jakarta, menggunakan konsep
Theory of Planned Behavior yang dikemukakan Ajzen (1991) sebagai elemen
pendorong pembentukan perilaku masyarakat. Hasil yang didapatkan dari
penelitian ini adalah sebuah model, yang dapat digunakan untuk merancang
kebijakan diversifikasi energi yang ideal dalam mendorong terjadinya konversi
dan penggunaan bahan bakar gas. Model ini menemukan bahwa rekomendasi dari
lingkungan adalah faktor kunci dalam pengambilan keputusan sesuai dengan Bass
Diffusion Model (Bass, 1969), dimana semakin banyaknya rekomendasi maka
akan semakin cepat proses konversi bahan bakar yang terjadi dalam masyarakat., In order to achieve successful energy diversification, Indonesian Government has
instituted several policies to enhance consumer conversion from oil-based fuel to
gas-based fuel. Market resistance to perform the conversion is the main issue this
research attempt to unravel, an area of study no one has ever tapped before. This
research aim to develop a model for consumer in DKI Jakarta decision making
behavior related to energy conversion, based on their socio-economic and
demographic attributes as well as specific influencing considerations, using the
Theory of Planned Behavior explained by Ajzen (1991) as the driver of consumer
behavior formation. The result of this study is a model which can be further
utilised to design an ideal energy diversification related policy and enhance
consumer conversion from oil to gas based fuel. The model reveals that word of
mouth recommendation plays a significant role in decision making behaviour, as
previously explained in Bass Diffusion Model (Bass, 1969), where the
conversion process for oil to gas based fuel will increase faster with higher degree
of word of mouth recommendation found in the market.]