Penelitian ini berjudul Causal Map Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Provinsi DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan causal map kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi DKI Jakarta. Teori yang digunakan untuk menggambarkan causal map antara lain adalah teori kepemimpinan, kepemimpinan transformasional, pemimpin yang dinamis, pelayanan publik, serta kepemimpinan dan pelayanan publik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber yang dipilih oleh peneliti. Data yang diperoleh berupa data primer dari hasil wawancara mendalam dan data sekunder dari media dan dokumen lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa causal map Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilakukan dengan 6 (enam) strategic direction, yaitu peningkatan kesadaran masyarakat atas pelayanan publik, penyediaan sarana atau media bagi aspirasi masyarakat terhadap pelayanan publik, pemberian reward dan punishment kepada birokrat, peningkatan layanan perumahan melalui layanan rumah susun, peningkatan layanan transportasi melalui layanan transjakarta, serta pengadaan lahan bagi kepentingan umum sebagai penunjang layanan publik. Lebih lanjut, causal map juga dinterpretasikan menjadi causal loop, menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi DKI Jakarta berporos pada aplikasi e-government.
This research is entitled Causal Map of Basuki Tjahaja Purnama Ahok's Leadership in Improving Public Service Quality in DKI Jakarta Province. The purpose of this research is to describe Causal Map of Basuki Tjahaja Purnama Ahok's Leadership in improving public service quality in DKI Jakarta Province. Theories which used to describe causal map are leadership theories transformational leadership dynamic leaders public service and leadership and public services relation. This research is a qualitative research using depth interview as a main method in gathering data of each informants. The primary data is based on depth interview and the secondary data is based on media and any other sources. The result of this research shows that Basuki Tjahaja Purnama Ahok's Causal Map is based on 6 six strategic direction which are increasing public awareness for public service, providing media for public aspiration applying reward and punishment for bureaucrats improving housing services via rumah susun impoving transportation services via Transjakarta and land occupation for public purposes. Furthermore causal map also interpreted into causal loop showing that improving public service quality in DKI Jakarta Province depends on e government application .