ABSTRAKSkripsi ini membahas persepsi tuna grahita terhadap layanan perpustakaan. Tuna
grahita merupakan anak yang kecerdasannya berada di bawah rata-rata dan
mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kebutuhan
informasi anak tuna grahita jelas berbeda dengan anak pada umumnya sehingga
perpustakaan perlu menyediakan layanan yang sesuai dengan karakteristik anak
tuna grahita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian menyarankan pihak perpustakaan untuk menambah koleksi
bergambar, memerkerjakan pustakawan dengan kemampuan komunikasi yang
baik dan berpenampilan menarik.
ABSTRACT This thesis discusses the perception of mentally disabled of library services.
Mentally disabled refers to children whose intelligence is below average and had
difficulty adjusting to the environment. Information needs of mentally disabled
children are clearly different from children in general so the library should
provide special services according to the characteristics of mentally disabled
children. This research is qualitative with case study method. The researcher
suggests the library to increase illustrated collection, hire librarian with good
communication skills and good looking.