[Pelayanan Kesehatan merupakan kebutuhan bagi seluruh masyarakat. Untuk itu
pemerintah wajib menyediakan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.
Selain karena pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan pokok yang harus
disediakan oleh pemerintah, pelayanan kesehatan juga dapat mempengaruhi tingkat
produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Sayangnya selama ini sering terjadi
diskriminasi pada masyarakat miskin dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin
di RSUD Wates berdasarkan persepsi pasien rawat inap. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan
kesehatan adalah teori pelayanan kesehatan dari John Ovretveit dengan menggunakan
dimensi persepsi pasien. Dalam dimensi tersebut terdapat 3 indikator, yaitu input,
proses, dan output. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan
dimensi kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan persepsi pasien memperoleh
penilaian sedang. Permasalahan utama yang menjadi kendala rumah sakit tersebut
adalah banyaknya jumlah pasien yang datang, tidak sebanding dengan sarana yang
tersedia., Health Service is a necessity for the whole society. The government is required to
provide health care for all citizens. Beside the health care is one of the essential
services that must be provided by the government, health service may also affect the
level of productivity and prosperity. Unfortunately, it often occurs during poor
discrimination in health service. This study aims to analyze the quality of health
services for the poor in Wates hospitals based on the perception of hospitalized
patients. This study uses a quantitative approach. The theory used to analyze the
quality of health care is the theory of John Ovretveit health service using patient
perception dimensions. In these dimension there are three indicators, namely input,
process and output. The results of this study shows that the overall dimensions of
health care quality assessment is based on the perception of the patient gain medium.
The main problems are the constraints of the hospital is the large number of patients
who come in, not comparable with the means available]