[Skripsi ini membahas mengenai kemunculan lembaga bimbel yang hadir sebagai
alternatif baru bagi para siswa sekolah untuk membantu beban sekolah mereka.
Proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi di dalam bimbel memungkinkan
terjadinya pertukaran sosial melalui interaksi sosial yang terjadi. Melalui interaksi
tersebut, proses typing, labelling dan self-fulfilling prophecy merupakan hal yang
tidak dapat terhindarkan. Skripsi ini berusaha melihat bagaimana proses
pertukaran sosial yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar bimbel
memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik wawancara mendalam dan
observasi partisipatoris sebagai teknik pengumpulan datanya. Informan penelitian
ini berjumlah lima orang yang terdiri dari dua orang pengajar bimbel, dua orang
siswa bimbel dan satu orang ketua yayasan lembaga bimbel. Hasil dari penelitian
ini sendiri menunjukkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar di bimbel
memberikan pengaruh yang cukup positif bagi proses pembelajaran siswa SMA,
walaupun tidak menjamin keberhasilan pencapaian studi siswa SMA itu sendiri., This study discusses the increasing appearances of tutoring agencies as a new
alternative for school students in getting help with their school workload. The
learning process activities in tutoring agency allows the social exchange in the
middle of social interaction between teacher and student. Through these
interaction, the typing, labelling and self-fulfilling prophecy are inevitable. This
thesis discusses how the social exchange process in tutoring agency affects the
learning process of high school students who join the class in Salemba Group.
This study used a qualitative method approach, with in-depth interview and
observation in gathering data. There were five informants participating in this
study: two tutoring agency teachers, two tutoring agency students, and the
Chairman of said tutoring agency. The result of this study showed that the social
exchange process which happen in Salemba Group gives positive effect to high
school student learning process, but not guarantee their achievement in academic
aspect.]