ABSTRAKSkripsi ini membahas pengaruh nilai yang dirasakan, kepercayaan, dan kepuasan terhadap
loyalitas konsumen pada industri penerbangan, baik itu penerbangan layanan penuh dan
penerbangan berbiaya rendah dengan studi kasus Garuda Indonesia untuk penerbangan layanan
penuh dan Lion Air untuk penerbangan berbiaya rendah. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan perusahaan maskapai
penerbangan layanan penuh seperti Garuda Indonesia sebaiknya berfokus untuk berfokus
meningkatkan nilai yang dirasakan dan tingkat kepuasan konsumen untuk meningkatkan
loyalitas konsumen. Sedangkan untuk maskapai penerbangan berbiaya rendah seperti Lion Air
sebaiknya maskapai penerbangan berfokus untuk meningkatkan nilai yang dirasakan,
kepuasan, dan kepercayaan konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen.
ABSTRACTThe focus of this study is the the influence of perceived value, trust, and satisfaction to loyalty
in aviation industry. The study of full service carriers is represented by Garuda Indonesia and
the study of low-cost airlines is represented by Lion Air. This research is quantitative
descriptive interpretive. The researcher suggest that full service carriers like Garuda Indonesia
should focus to build its consumers’ perceived value and satisfaction in order to gain higher
loyalty, and low-cost carriers like Lion Air should focus to build its consumer’s perceived
value, satisfaction, and trust in order to gain higher loyalty.